NewsNusantaraSulsel

Perda Perseroda Punggawa Bakti Gowa Mandiri Disahkan, Abd Rauf Harap Dorong Peningkatan PAD

GOWA, NEWSURBAN.ID β€” Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perusahaan Perseroan Daerah/ Perseroda Punggawa Bakti Gowa Mandiri pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Senin (31/10).

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni dalam sambutannya mengatakan bahwa Perseroda Punggawa Bakti Gowa Mandiri awalnya bernama Perusahaan Daerah (Holding Company) Gowa Mandiri berdasarkan Perda Nomor 3 Tahun 2007.

Dia menjelaskan bahwa perubahan ini untuk menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang saat ini berlaku, yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Baca Juga:Β Priska Adnan Kenalkan Desa Wisata di Gowa ke PIA Ardhya Garini Daerah II

β€œSehingga eksistensi Perusahaan Daerah (Holding Company) Gowa Mandiri melalui Perda Nomor 3 Tahun 2007 perlu dikaji kembali untuk menyesuaikan perkembangan zaman dan disesuaikan pula dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada,” ujarnya.

Dia juga berharap dengan perubahan ini akan berdampak pada peningkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan bahwa tujuan pendirian Punggawa Bakti Mandiri ini salah satunya untuk meningkatkan PAD Kabupaten Gowa.

β€œPerubahan nama dari Gowa Mandiri menjadi Perseroda Punggawa Bakti Gowa Mandiri adalah sebagai upaya re-branding BUMD. Sehingga bisa membawa dampak yang positif dalam pengembangan perusahaan yang tentunya akan berdampak pada penerimaan daerah yang semakin baik,” ungkapnya.

Baca Juga:Β Pemkab Gowa Kaji Kemacetan Hingga Pengembangan Koperasi dan UMKM

Dia menjelaskan bahwa Punggawa dalam Punggawa Bakti Gowa Mandiri memiliki arti pemimpin. Kemudian bakti memiliki arti untuk berusaha yang lebih baik lagi demi Kabupaten Gowa yang lebih mandiri kedepan.

Karena itu, menurut Abd. Rauf, Punggawa Bakti Gowa Mandiri mengandung makna bahwa pemimpin perusahaan yang selalu berkarya dan mengabdi yang terbaik untuk kemajuan dan kemandirian daerah Kabupaten Gowa.

β€œKita tentunya menyadari bahwa apa yang kita hasilkan ini semata-mata untuk membangun Kabupaten Gowa kedepan guna meningkatkan kesejahteraan, ketertiban dan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga:Β Komitmen Pemeliharaan Lingkungan, Gowa Raih Enam Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

Sementara itu, Direktur Perseroda Punggawa Bakti Gowa Mandiri, Rahmansyah mengatakan dengan perubahan nama dan penyesuaian ini, perusahaan akan lebih terbuka. Kedepan perusahaan akan lebih terbuka terutama dalam menggandeng pihak ketiga.

Ia menjelaskan, dengan perubahan ini kepemilikan saham tidak lagi harus pemerintah daerah, tetapi bisa dari pihak-pihak lain. Menurutnya, ini akan berdampak pada pengembangan perusahaan di masa yang akan datang dan menjadi potensi untuk meningkatkan PAD Kabupaten Gowa.

β€œKepemilikan saham tidak mayoritas pemerintah daerah, kita bisa menggandeng pihak ketiga. Kalau sebelumnya kan utuh pemerintah daerah, sekarang kekayaan perusahaan dan pemerintah terpisah, kalau dulu tidak,” tambahnya.

Baca Juga:Β Anugerah Humas Indonesia 2022, Bupati Gowa Jadi Pemimpin Terpopuler di Media Digital

Rapat paripurna yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Rafiuddin ini-dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Gowa. Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina dan para pimpinan SKPD serta Camat lingkup Pemkab Gowa. (JN/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button