KesehatanMetroNews

Indira Yusuf Dampingi Tim Kemenkes Tinjau Penanganan Eliminasi TB di PKM

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Ketua Forum Multisektor Eliminasi TB Makassar, Indira Yusuf Ismail menerima kunjungan Tim Terpadu Koordinasi dan Implementasi Perpres 67/2021 tentang Penanganan TBC dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), di Puskesmas Tamalate, Kamis (03/11/2022).

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar dr Nursaidah Sirajuddin, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Makassar Andi Mariani, dan Kepala Puskesmas Tamalate dr Rudy L.

Sebagai Ketua Forum Multisektor Eliminasi TB Makassar, Indira Yusuf Ismail berharap tim dari pusat dapat memberikan masukan dan evaluasi terhadap upaya penanganan TB oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Baca juga: Percepatan Eliminasi TB di Makassar, Indira Jusuf Ismail Terus Lakukan Sosialisasi di Berbagai Forum

“Saya sangat berterima kasih dengan kunjungan ini. Kami berharap ada masukan terkait bagaimana penanganan TB yang telah kita lakukan,” kata Indira Yusuf Ismail.

Upaya penanganan penyakit TB yang dilakukan Pemkot Makassar di akui Indira menarik perhatian pemerintah pusat.

Terbukti, Makassar menjadi satu-satunya kota yang pernah di undang Kemenkes membawakan materi pada Forum Koordinasi TB se-Indonesia.

Untuk itu, Indira meminta seluruh PKM, Kecamatan, Kelurahan. Hingga RT/RW membantu percepatan eliminasi TB, khususnya melalui aplikasi Sobat TB.

Baca juga: Lepas Peserta Run to End TB, Indira Jusuf Ismail Optimistis Makassar Capai Target Eliminasi Tuberkulosis 2030

“Kami optimistis target eliminasi TB 2030, makanya saya meminta PKM untuk meningkatkan pelayanan khususnya bagi penderita TB karena alhamdulillah sekarang masyarakat sudah tidak ragu lagi ke PKM untuk periksa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinkes Makassar Andi Mariani mengatakan tim dari pemerintah pusat turun melakukan monitoring perihal pelaksanaan Perpres 67/2021 tentang Penanganan TB.

“Kebetulan Makassar menjadi percontohan lokus kunjungan dari Kemenkes.  Makassar adalah satu dari empat kota di Indonesia yang mempunya Forum Multisektor Eliminasi TB,” ujar Andi Mariani.

Baca juga: Peringatan Hari TB Sedunia, Indira Jusuf Ismail Beri Penghargaan Bagi Puskesmas Terbaik

Di Forum Multisektor Eliminasi TB, kata Andi Mariani ada lima pentahelix untuk mengharapkan bisa membantu penanggulangan TB di Makassar. Yakni, sektor pemerintah, pelaku usaha, media, akademisi, dan NGO TB.

“Alhamdulillah, sekarang ini kasus TB di Makassar terus mengalami penurunan. Itu cukup terbantu dengan adanya aplikasi TB untuk kita tindaklanjuti,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button