NewsNusantaraSulsel

Pemkab Gowa Mulai Salurkan BLT BBM ke Masyarakat

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bantuan Langsung Tunai akibat kenaikan Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dari Pemerintah Kabupaten Gowa mulai disalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang melaunchig bantuan tersebut mengaku bantuan ini merupakan tindak lanjut arahan dari Pemerintah Pusat agar mengalokasikan dua persen DAU dan DBH untuk memberikan bantuan masyarakat terdampak.

“Alhamdulillah hari ini kita melaunching BLT BBM di Somba Opu, dimana bantuan ini adalah realisasi pemerintah untuk mencover masyarakat terdampak yang tidak tercover oleh pemerintah pusat,” ungkapnya, di Kator Camat Somba Opu, Kamis (3/11).

Baca Juga: Bupati Gowa Ikut Pendataan Regsosek Tahun 2022

Adnan menyebutkan total bantuan yang di berikan sebanyak 4.444 KPM dengan nilai Rp450.000. Yan di harapkan bisa tepat sasaran dan tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat. Hal ini, di lakukan agar masyarakat terdampak bisa di cover secara menyeluruh.

“Sekarang kami merealisasikan dengan total 4.444 senilai Rp450.000. Kita berharap dengan situasi saat ini masyarakat tidak terlalu merasakan dampaknya dan bisa tepat sasaran sehingga semakin banyak yang mendapatkan bantuan di wilayah Kabupaten Gowa,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Firdaus mengatakan penyaluran di lakukan selama lima hari kedepan. Di mana hari ini di lakukan di Kecamatan Somba Opu, Pallangga, Pattallassang, dan Kecamatan Barombong.

“Hari ini sudah mulai jalan. Khusus di Somba Opu sebanyak 642 KPM, Pattallassang 140 KPM, Pallangga 646 KPM dan Barombong 304 KPM,” sebutnya.

Baca Juga: Cek Harga Bahan Pokok, Bupati Gowa Instruksikan Camat Pantau Pasar Tradisional

Lebih lanjut Firdaus menyampaikan penyaluran di berikan secara tunai kepada KPM dengan membawa Kartu Keluarga. Dan di berikan sebanyak Rp450.000 atau tiga di kali Rp150.000.

“Bantuan ini Rp150.000 per PKM per bulan untuk tiga bulan. Yaitu Oktober, November dan Desember tapi di serahkan sekaligus sebanyak Rp450.000. Nilai ini sama dengan nilai yan di berikan oleh pemerintah pusat,” urainya.

Salah satu KPM Kecamatan Somba Opu, Farida Sjafri mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan pemerintah yang di berikan kepadanya. Pasalnya warga Kelurahan Bonto-bontoa ini baru pertamakali mendapatkan bantuan sejak adanya Pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah bersyukur uangnya bisa saya gunakan untuk sehari-hari. Apalagi saya hanya penjual minuman yang harus hidupi anakku sekolah dan sudah tidak punya suami,” ungkapnya penuh haru.

Baca Juga: Pemkab Gowa Kaji Kemacetan Hingga Pengembangan Koperasi dan UMKM

Sekadar di ketahui, setelah empat kecamatan ini, penyaluran akan kembali di lakukan besok (Jumat), Selasa, Rabu dan Kamis. Minggu selanjutnya secara bertahap kepada masyarakat di kecamatan.

Turut hadir Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Forkopimda Kabupaten Gowa dan beberapa SKPD Lingkup Pemkab Gowa. (NH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button