Bupati Andi Utta dan Prof JJ Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Unhas di Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Penuhi undangan Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta) bertemu rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa (Prof JJ). Pada pertemuan Rektorat Unhas, Jumat 4 November 2022 itu, Rektor dan Bupati Andi Utta jajaki kerjasama lahan Unhas di Bulukumba.

Bersama beberapa Wakil Rektor, Prof JJ menjamu Bupati Bulukumba makan siang di lantai 8 gedung rektorat.

Pertemuan informal ini dalam rangka menjajaki kerjasama Unhas dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam bidang pertanian dan perikanan. Namun secara khusus pertemuan tersebut membicarakan rencana kerjasama pemanfaatan aset lahan Unhas seluas 96 hektare di Kecamatan Rilau Ale.

Baca Juga: Temui Ammatoa, Bupati Andi Utta Minta Restu Penanaman Bibit Unggul dalam Kawasan Adat

Prof Jamaluddin Jompa mengatakan sejak Unhas berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), maka Unhas sudah memiliki otonomi penuh untuk mengelola perguruan tinggi sendiri, termasuk mengelola aset dan bisnis.

Diharapkan dengan pengelolaan bisnis tersebut, Unhas lebih mandiri serta mampu kerjasama dengan pihak pihak lain termasuk pemerintah daerah.

Untuk itu, lanjut Rektor Unhas, pihaknya tidak hanya mengelola aset toh saja, namun Unhas ingin mengoptimalkan seluruh sumberdaya. Sehingga berada dalam posisi memperkuat daerah kabupaten.

“Unhas juga harus berada dalam posisi membantu pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi daerah tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Ke Situbaru, Bupati Andi Utta Bagikan Beras kepada Warga

“Kita harus serius, jika bupati juga serius maka kita akan saling membantu,” tambah Prof Jamaluddin yang pada pertemuan tersebut mengenang kehidupan kecilnya di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Andi Utta merespons baik rencana Unhas untuk mengelola aset lahan di Bulukumba yang selama bertahun-tahun tidak di perhatikan.

Andi Utta mengaku siap kerjasama dengan bentuk apa saja. Yang penting kata dia, lahan tersebut bisa maksimal secara ekonomi dan bisa menyerap tenaga kerja.

“Kerjasama ini bisa mendukung program bibit unggul pemerintah daerah,” kata Andi Utta.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Ingatkan Calon Kades tak Kampanye Hitam: Silakan Adu Program

Ia juga berharap, melalui kerjasama, Unhas juga membantu memberikan berbagai kajian dalam mengembangkan sumber daya alam Bulukumba, sehingga mampu meningkatkan produktifitas masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan perikanan.

Untuk mengelola kewirausahaan Unhas secara mandiri, Rektor-dibantu oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof. Dr.Eng. Adi Maulana, ST.M.Phil. (*)

Exit mobile version