EkonomiMetroNewsNusantara

Korsel Lirik LRT Kota Makassar di MIF 2022

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kota Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto terus menarik minat investor asing. Korea Selatan (Korsel) salah satunya.

Korsel berencana akan melakukan ekspansi kerja sama di Indonesia dengan menyasar Kota Makassar, setelah Jakarta dan Surabaya di bidang transportasi publik.

Hal itu,disampaikan Junsung Kim Director General Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) saat melakukan one on one meeting dengan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, di Hotel Four Point by Sheraton, Selasa (8/11).

Meeting ini merupakan rangkaian kegiatan Makassar Invesment Forum (MIF) 2022 yang-diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, 8-9 November 2022.

Baca Juga: Tak Hanya Wali Kota, Danny Pomanto Juga Undang Bupati se-Sulawesi Ikuti MIF 2022

Kata Junsung Kim, Korea siap membantu Indonesia membangun LRT sebagai sistem transportasi publik. Apalagi Indonesia dan Korea Selatan merupakan rekan bisnis.

Sehingga delegasi Korea Selatan melirik rencana pembangunan LRT Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Danny Pomanto.

“Korea tertarik membawa rekan-rekan industri dari Korea untuk berinvestasi di Indonesia membangun LRT dan infrastruktur lainnya. Rencananya ekspansi mereka ingin berkolaborasi dengan kota-kota lain selain Jakarta dan Surabaya. Salah satunya Kota Makassar,” kata Junsung Kim.

Bahkan, kata dia, Korea Selatan siap membantu pemerintah kota mulai dari tahap development plan, yaitu rencana pengembangan dari tahap awal, eksekusi sampai selesai.

Baca Juga: Lewat MIF, Makassar-Australia Mulai Jajaki Peluang Bisnis Rumput Laut

Usai pertemuan dengan Pemkot Makassar, pihaknya akan melapor ke Pemerintah Korea terkait dengan proyek LRT, ataupun proyek lainnya.

“Kita juga akan berkomunikasi dengan perusahaan besar yang terdaftar di Korea supaya mereka terlibat langsung pada proyek ini. Dan melihat siapa yang tertarik, dan tentunya mereka akan mengajukan (jika-diperlukan biaya) supaya bisa mengsupport rencana pengembangan dari awal,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan LRT merupakan salah satu proyek strategis Kota Makassar yang akan di adakan melalui sistem investasi.

“Tadi dari Korea itu mereka akan membuat LRT kita, dan inilah bukti Makassar menuju kota dunia. Karena semua datang kemari dan mau kerja sama,” tutur Danny Pomanto.

Baca Juga: Perwakilan Empat Negara Bahas Peningkatan Industri Maritim dan Percepatan Infrastruktur Sulawesi di MIF 2022

Bahkan, kata Danny, Korea Selatan siap membuat Feasibility Study (FS) rencana pembangunan LRT Kota Makassar.

“Ini menarik karena Korea akan membuat LRT kita, FS gratis ia bikinkan,” tutupnya.

Dalam meeting tersebut turut mendampingi Kepala Bagian Kerja Sama Ismawaty Nur, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Firman Pagarra.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Zulkifli Nanda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aryati Puspasari Abadi, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Evi Aprialty. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button