EkonomiMetroNews

Berjuang Membangun Bangsa Menginspirasi Dengan Nilai Kepahlawanan Dalam Rupiah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Memperingati Hari Pahlawan Nasional, Bank Indonesia menggelar kegiatan BIncang Rupiah dan Pahlawan (BI-RUPAWAN).

Bertajuk “Berjuang Membangun Bangsa, Menginspirasi dengan Nilai Kepahlawanan dalam Rupiah” kegiatan ini di selenggarakan secara hybrid, di Kampus Universitas Negeri Makassar, Sabtu (12/11/2022).

Di hadapan 1.000 orang peserta dari perbankan, himpunan ekonomi bisnis pesantren, mahasiswa, media massa, dan kelompok masyarakat lainnya, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim, menyampaikan, perekonomian global tahun 2023 masih di penuhi ketidakpastian dan berbagai tantangan.

“Ditengah situasi tersebut, ekonomi Indonesia diprakirakan masih akan tetap tumbuh dan terjaga,” ujar Marlison.

Baca Juga : Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Hasanuddin Leo Dorong Pemerintah Ciptakan Suasana Kondusif

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana mengatakan upaya dan tekad kuat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional ini merupakan cerminan semangat dan kegigihan perjuangan, sebagaimana telah di contohkan oleh para pahlawan bangsa.

“Untuk menjawab tantangan masa depan, Bank Indonesia juga terus berinovasi mewujudkan Rupiah Jendela Indonesia. Melalui desain uang yang mencerminkan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

“Penekanan terhadap pesan ke-Indonesia-an dan semangat nasionalisme semakin di perkuat dalam desain uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 yang lebih INTAN (Indah, Tahan Lama, dan Aman),” jelas Causa.

Semua ini di lakukan Bank Indonesia untuk merawat semangat kepahlawanan, memupuk rasa cinta tanah air, menguatkan semangat membangun bangsa. Sekaligus menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Pada sesi diskusi, Kepala Grup di Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Hari Widodo turut memberikan motivasi bagi para peserta. Untuk memaknai nilai-nilai kepahlawanan dengan memahami secara utuh peran Rupiah dalam perekonomian.

Baca Juga : Pengurus SMSI Parepare Dilantik, Wali Kota Taufan Pawe Pesankan Soal Eksistensi dan Profesionalisme

Sementara itu, Inspektur Kodam XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Dwi Endrosasongko menekankan bahwa peran masyarakat dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Salah satunya bisa di wujudkan dengan merawat, mencintai, dan bangga menggunakan Rupiah.

Melalui kegiatan BI-RUPAWAN, Bank Indonesia mengajak seluruh elemen bangsa untuk merawat ingatan tentang pahlawan dan meneladani esensi nilai-nilai kepahlawanan. Sehinga hal tersebut bisa terus di hidupkan dan terinternalisasi dalam setiap individu/pribadi masyarakat Indonesia.

Bank Indonesia juga mengajak generasi muda dan seluruh kelompok masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah. Yang merupakan mata uang dan salah satu simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (ayl/rl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button