NewsNusantaraParlemenSulsel

Nelayan Bulukumba Terima Bantuan Mesin BBG

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Anggota Komisi VII DPR RI Dr. Hj.Andi Yuliani Paris mendistribusikan paket konversi BBM (Bahan Bakar Minyak) ke BBG (Bahan Bakar Gas) untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan tersebut merupakan paket program konversi BBM ke BBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bagi para nelayan.

Legislator PAN ini, mengaku terus memperjuangkan aspirasi masyarakat yang ada di daerah pemilihannya. Sehingga, masyarakat dapat benar-benar merasakan manfaat dari bantuan pemerintah.

Baca Juga: Inflasi Rendah, Kemendagri Apresiasi Pemprov DKI dan Pemkab Bulukumba

“Alhamdulillah tahun ini, pemerintah memberikan 380 unit mesin kapal penangkap ikan BBG untuk nelayan Bulukumba secara gratis,” kata Andi Yuliani Paris dalam sambutannya sebelum penyerahan secara simbolis di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa, 22 November 2022.

Menurut dia, bantuan ini bukan pertama kali di Bulukumba. Sebab di tahun 2018 lalu, katanya, nelayan di Bulukumba juga pernah mendapat bantuan mesin.

“Tahun 2018 kemarin, kami berikan 900 lebih mesin kepada nelayan dengan mencakup beberapa kecamatan di Bulukumba,” kata Yuliani Paris.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengucapkan selamat datang kepada Andi Yuliani Paris di daerah berjuluk Bumi Panrita lopi. Ia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang di berikan kepada nelayan di Bulukumba.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Harap KAHMI Bulukumba Bersinergi dengan Pemerintah

“Terima kasih atas bantuan mesin ini kepada nelayan. Energi jauh lebih murah dan hemat daripada BBM dan listrik,” ungkap Bupati yang akrab di sapa Andi Utta.

Andi Utta mengaku, sampai hari ini statusnya adalah seorang nelayan dan hanya kebetulan saja menjadi bupati. Karena itu, ia menyampaikan beberapa tips perawatan agar mesin bantuan itu, bisa tetap awet.

“Poles, pernis, clear. Setiap sudah di pakai, kita cuci air tawar. Kenapa?, karena di laut itu, apa aja bisa berkarat. Ini bantuan harus di jaga. Bantuan pemerintah juga ada batasnya,” jelasnya.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Bulukumba, Dani Susanto mengatakan bahwa jumlah nelayan di Bulukumba sekira 8900 lebih. Sehingga ke depan,diharapkan ada tambahan bantuan untuk empat kecamatan lagi di Bulukumba.

“Sudah dua kali nelayan Bulukumba dapat bantuan mesin ini. Bantuan tahun ini terbagi di tiga kecamatan, yaitu Ujung Loe, Ujung Bulu dan Gantarang,” katanya.

Baca Juga: Coaching Clinic Keuangan, Inspektorat Bulukumba Kumpulkan Pimpinan OPD hingga Camat di Bira

“Ada permintaan nelayan kami, agar ada bantuan jenis mesin yang putarannya lambat,” sambungnya.

Salah satu nelayan asal Kelurahan Jalanjang Kecamatan Gantarang, Haedir (27 tahun) mengatakan bantuan mesin itu, sangat bermanfaat karena pemakaiannya akan lebih hemat.

“Artinya, kita tidak akan terbebani lagi. Alhamdulillah sebagai nelayan kita bersyukur,” ujar nelayan yang melaut sejak tahun 2017 silam.

Selain pendistribusian secara simbolis, juga di rangkaikan dengan sosialisasi dari BBM ke BBG. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button