EkonomiMetroNasionalNews

Pemprov Beri Bantuan Keuangan Subsidi Penerbangan Toraja-Balikpapan, Menhub Apresiasi Gubernur Sulsel

JAKARTA, NEWSURBAN.ID Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang membantu menstimulus daerah untuk subsidi penerbangan.

Hal itu di ungkapkan Menteri Perhubungan pada Rapat Koordinasi Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri tentang “Keberlangsungan Konektivitas Transportasi Udara dan Dukungan Pemerintah Daerah”, Selasa (22/11/2022).

“Kami mengapresiasi bantuan subsidi penerbangan yang di lakukan Gubernur Sulsel dan akan di jadikan role model bagi provinsi maupun kabupaten lainnya. Kolaborasi dengan Kabupaten untuk pelaksanaan subsidi merupakan inovasi dan best practice yang bisa di contoh daerah lain, belum ada provinsi yang melakukan seperti Provinsi Sulsel,” bebernya.

Baca Juga : Pemeliharaan Kompetensi Selam Scuba Diver, Basarnas Sulsel Maksimalkan Penyelamatan Korban Tenggelam

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak pemerintah daerah turut membuat stimulus untuk bersama-sama memulihkan penerbangan ke daerah. Hal ini perlu di lakukan sebagai upaya bersama antara pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan. Guna menjaga keberlangsungan konektivitas udara pascapandemi Covid-19.

“Kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama membuat stimulus untuk konektivitas transportasi udara di daerah-daerah. Untuk memulihkan kembali sektor penerbangan setelah terdampak Covid-19,” ujar Menhub.

Di ketahui, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menjadi salah satu narasumber dalam Rapat Koordinasi Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, 22 November 2022.

Ia di daulat menjadi narasumber dalam Rakor dengan tema “Keberlangsungan Konektivitas Transportasi Udara dan Dukungan Pemerintah Daerah”.

Baca Juga : Ikut Jambore PKK Sulsel, Devile PKK Gowa Usung Konsep Nusantara

Andi Sudirman pun memaparkan “Peran Serta Pemerintah Daerah untuk Mendukung Keberlangsungan Konektivitas Transportasi Udara (Best Practice dan Role Model)”. Yang di ikuti oleh para Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia.

Ia di daulat menjadi pemateri, atas upaya Pemprov Sulsel mengalokasikan Rp 22,5 Miliar bantuan keuangan untuk Kabupaten Tana Toraja. Di mana Rp 2,5 Miliar untuk bantuan subsidi penerbangan Toraja – Balikpapan. Hal itu sebagai wujud kepedulian Gubernur Andi Sudirman untuk mendongkrak perekonomian di Toraja.

Dengan subsidi itu, kini terlayani penerbangan langsung (direct flight) Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi. Penerbangan rute ini secara reguler setiap hari Jumat dan Minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button