Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, Bupati Andi Utta: Hidup Bersih Dimulai di Lingkungan Keluarga

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menerima kunjungan tim verifikasi Kabupaten Sehat dan Kota Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Jumat, 9 Desember 2022. Ia dalam sambutannya, menyerukan untuk sama-sama menjaga kebersihan dan hidup sehat.

Di hadapan tim verifikasi dan pengurus Forum Kabupaten Sehat Bulukumba, bupati yang akrab di sapa Andi Utta. Menjelaskan pentingnya membangun kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

“Salah satu hal kecil yang harus diperhatikan adalah kebersihan. Kemudian, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Hidup bersih harus di mulai di lingkungan keluarga hingga di masyarakat,” pinta Andi Utta.

Baca Juga: DP2KBP3A Bulukumba Dorong Kewirausahaan Perempuan

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat tingkat Provinsi Sulsel, Muslim Rasyid mengemukakan bahwa penyelenggaraan kabupaten sehat ini, periodenya sekali dalam dua tahun.

Ia menerangkan, Bulukumba merupakan Kabupaten ke-14 di Sulsel untuk diverifikasi. Penilaian kabupaten sehat tingkat Sulsel ini, katanya, untuk periode 2021-2022. Sementara, penilaian pusat nanti di tahun 2023.

“Kita seleksi dulu tingkat Provinsi, baru di ajukan ke Pusat. Kalau sudah lolos di Pusat, mereka juga tindaklanjuti dengan verifikasi lapangan,” kata Muslim.

Baca Juga: Wabup Edy Manaf Terima DIPA Bulukumba 2023, Meningkat dari 2022

Muslim menerangkan bahwa sebenarnya verifikasi kabupaten sehat ini, juga lebih mengarah dan berorientasi pada pembinaan untuk memberikan bimbingan ke Kabupaten/Kota.

“Jadi, kita bukan hanya menilai. Tapi, juga memberikan pembinaan ke Pemda, dalam hal ini OPD dan seluruh pihak-pihak terkait,” jelasnya.

“Ada 312 indikator penilaian dari 9 tatanan. Mudah-mudahan pembinaan ini bermanfaat dan Bulukumba ke depan dapat menjadi salah satu Kabupaten Sehat di Indonesia, serta bisa menerima penghargaan,” sambung Muslim.

Baca Juga: Sehari, Wabup Edy Manaf Hadiri Maulid di Dua Desa

Ketua Forum Kabupaten Sehat Bulukumba H Patudangi Azis mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kabupaten sehat tahun 2021. Dan 2022 di laksanakan di 10 Kecamatan, 109 desa dan 27 kelurahan yang di-SK-kan oleh Camat, Kepala Desa dan Lurah.

“Ini memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena adanya penambahan tatanan yang mengharuskan kita harus bekerja lebih keras dalam pencapaian indikator. Agar keinginan kita bersama meraih Swasti Saba Wistara di tahun depan dapat terwujud.

Di ketahui, kunjungan tim verifikasi ini juga di hadiri sejumlah anggota DPRD Bulukumba di antaranya H Safiuddin, Hj Erlina Halming, dan Hj. Nuraidah, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, serta puluhan pengurus Forum Kabupaten Sehat Bulukumba.

Usai seremoni penerimaan itu, tim verifikasi langsung menuju Sekretariat Forum Kabupaten Sehat dan kunjungan ke lapangan.(*)

Exit mobile version