Hari Ibu Nasional 2022, Pemkot Makassar Gelar Berbagai Lomba

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota Makassar bakal menggelar berbagai lomba dan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional pada 22 Desember 2022 mendatang.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi sebagai pembina dan pengarah kembali menggelar rapat persiapan kegiatan di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Senin (12/12/2022).

Kegiatan yang bertajuk Gebyar Hari Ibu 2022 itu mengusung tema ‘Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya’. Terdiri dari berbagai kegiatan antara lain khitanan massal se-Kota Makassar, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ), serta acara talkshow SADARI, yakni kampanye mengenai kanker payudara.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Berangkatkan Umrah Qoriah Tunanetra Asal Sidrap

Fatmawati Rusdi menjelaskan selain sebagai perayaan seremonial hari ibu nasional, kegiatan tersebut turut di gelar. Untuk mengajarkan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dari berbagai penyakit terhadap perempuan.

“Bangkitnya perekonomian itu tidak lepas dari peran ibu-ibu. Sehingga perlu edukasi tentang kesehatan kepada mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fatmawati Rusdi menjelaskan terkait khitanan massal, Pemkot Makassar menyasar seluruh anak SD-SMP se-Kota Makassar.

Nantinya, lokasi khitan massal akan di laksanakan di 15 Kecamatan Kota Makassar. Hingga hari ini, kata Fatmawati Rusdi telah ada sekitar 1.200 pendaftar.

“Khitanan massal pendaftarnya sekarang udah 1.200 per hari ini. Yang terpenting bagaimana kita mendekatkan pelayanan lokasi sunatnya dengan lokasi rumah masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Shelter Warga Buka Layanan Konsultasi Gratis di Lorong Wisata, Fatmawati Rusdi: Upaya Mendekatkan Pelayanan

Adapun lomba yang di gelar pada Gebyar Hari Ibu Nasional 2022 antara lain lomba Foto moment terbaik/terindah bersama ibu. Video stunting, make up dan fashion show, serta lomba asmaul husna.

Fatmawati Rusdi berharap dengan adanya lomba-lomba yang di gelar bukan sekadar sebagai ajang kompetisi. Tapi juga bisa mengajarkan warga pentingnya hidup menghargai perjuangan perempuan sebagai ibu.

“Seperti lomba foto bersama ibu semoga dapat mengajarkan tentang perjuangan. Juga seperti video stunting saya harap dapat merubah masyarakat menjadi hidup sehat,” harapnya. (*)

Exit mobile version