Wabup Edy Manaf Terima Tim Monev Program USAID Madani

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf menerima rombongan tim monitoring dan evaluasi (Monev) program USAID Madani di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Selasa 13 Desember 2022.

Tim Monev yang hadir di antaranya Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri Kemenkumham, Youngest Non Itah. Senior Advisor Governance USAID Indonesia, Lutfi Ashari dan Chief Of Party Program Madani, Hans Antlov.

Lutfi Ashari menyampaikan pentingnya peran dan keterlibatan masyarakat sipil dalam proses pembangunan. Makanya dalam program Madani ini pihaknya mendorong Organisasi Masyarakat Sipil atau OMS terlibat aktif membantu permasalahan-permasalahan yang masyarakat dan pemerintah hadapi. Sehingga tercipta kolaborasi dalam setiap penyelesaian masalah, misalnya pada isu kesehatan dengan melibatkan OMS. Dalam penurunan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir.

Baca Juga: DP2KBP3A Bulukumba Dorong Kewirausahaan Perempuan

“USAID sudah masuk di Bulukumba sejak tahun 2009 dan hingga hari ini terus mendapatkan dukungan yang baik dari Pemerintah Daerah. Kita berharap praktik baik yang telah di lakukan selama program berlangsung di teruskan oleh pemerintah,” pintanya.

Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyambut baik pelaksanaan Program MADANI untuk penguatan Organisasi Masyarakat Sipil yang menjadi mitra pembangunan daerah.

Menurutnya Program Madani relevan dengan kebijakan Pemda Bulukumba yang mendorong adanya kolaborasi. Dengan berbagai pihak. Ia menilai penguatan organisasi masyarakat sipil yang merupakan fokus program Madani dan isu tematik terkait Kesehatan Ibu dan Anak Baru Lahir (KIBBL) relevan dengan arah pembangunan daerah dalam RPJMD Bulukumba.

Baca Juga: Kunjungi SMK Negeri 11 Bulukumba, Bupati Andi Utta Motivasi Siswa dan Alumni Menjadi Wirausaha Muda

Di katakan keberadaan Simpul Belajar Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (Formap KIA) di Kabupaten Bulukumba sebagai forum strategis sangat berperan dalam mengawal program kesehatan ibu anak.

Bahkan saat ini telah di terbitkan Keputusan Bupati No. 188.45-309 Tahun 2022 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi.

Pokja ini melibatkan lintas sektor yaitu Pemda, OMS, perguruan tinggi, swasta, dan Baznas Dalam program ini juga ada pilot proyek. Dengan terbentuknya Forum Kesehatan Ibu dan Bayi Lahir (Forum KIBBL) di tiga desad ampingan. Yakni Desa Taccorong, Desa Benteng Palioi dan Desa Salassae.

Selaku Pemerintah Kabupaten Bulukumba Edy Manaf menyampaikan terima kasih kepada pihak USAID melalui program Madani ini. Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM serta pelibatan masyarakat sipil dalam pembangunan Kabupaten Bulukumba.

“Karena itu kami sangat mengapresiasi inisiatif Madani dan akan mendukung dari sisi kebijakan maupun anggaran. Untuk kesinambungan dengan program prioritas Pemda terutama pada sektor Kesehatan Ibu dan Anak,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Kepala Bappelitbangda A. Syamsul Mulhayat, Kadis Kesehatan Hj. Umrah Aswani dan mitra program Pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiyah Bulukumba. (*)

Exit mobile version