Ketua TP PKK Apresiasi Kegiatan DWP yang Dirangkaikan dengan Hari Jadi DWP ke-23 Tahun

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Naoemi Octarina mengapresiasi kegiatan dari Darma Wanita Persatuan (DWP). Yang di rangkaikan dengan hari jadi DWP ke-23 tahun. Sekaligus mengadakan Talk Show dengan tema ‘Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital’ yang dilaksanakan di Hotel Claro, Selasa, 20 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Naoemi Octarina mengatakan, bahwa organisasi ini bertujuan bagaimana meningkatkan kualitas SDM dari keluarga ASN untuk mencapai kesejahteraan nasional. Selain itu, DWP itu memiliki pedoman yang disebut panca darma wanita yaitu wanita sebagai pendamping suami, wanita sebagai ibu rumah tangga. Wanita sebagai penerus keturunan dan pendidik anak, wanita sebagai mencari nafkah tambahan. Dan, wanita sebagai warga negara dan anggota masyarakat.

Sesuai dengan panca darma wanita tersebut kata Naoemi, dapat di lihat bagaimana peran anggota darma wanita persatuan dalam keluarga. Dan di masyarakat mengurus dan mensejahterakan keluarganya sendiri dan bagaimana berperan aktif di masyarakat. Dalam mendukung pembangunan.

Baca Juga: DWP Sulsel Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Anggota Organisasi Perempuan Dalam Bidang Sosial

Istri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman itu, mengatakan bagaimana menciptakan pola asuh yang tepat di era digital yang generasi 10 sampai 30 tahun ke depannya.

“Untuk stunting sendiri, tergantung dari pola asuh yang kita terapkan dan bagaimana anak-anak mulai dari bayi, balita, remaja. Dan, remaja menuju dewasa harus di berikan asupan gizi yang bai,” ucap Naoemi.

Ia menambahkan, bagaimana mewujudkan generasi yang aktif kreatif dan inovatif adalah merupakan tugas bersama. “Di sini kalau perlu kita kolaborasi dengan organisasi wanita lainnya pasti memiliki program-program yang sama. Mereka memiliki dan juga ada tim dari sini bisa juga kolaborasi karena semua organisasi wanita. Semua gerakan pasti ada basisnya di masyarakat ini kita bisa masukin dengan hal-hal yang positif,” jelasnya.

Baca Juga: Semarakkan Hari Anak Nasional, DWP Sulsel Tanam Pohon di SMA-SMK

“Oleh karena itu, kita harus memperhatikan hal-hal yang di perlukan untuk mewujudkan generasi yang aktif kreatif inovatif cerdas beradab. Dan berakhlak demi masa depan bangsa Indonesia ke depannya yang lebih baik,” ujarnya.

Terakhir, pada kesempatan itu, ia mengucapkan semoga bermanfaat persatuan di usia yang ke-23 tahun dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan. Khususnya dalam perkembangan mewujudkan anak-anak atau generasi yang cerdas kreatif, inovatif, dan beradab. Serta berkualitas dan menghasilkan pemuda yang sehat di era digital ini.

Di tempat yang sama, Kepala DP3A Dalduk KB Andi Mirna, membacakan sambutan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Ia mengatakan, sebagai organisasi perempuan terbesar dan mitra strategis pemerintah, DWP dapat semakin berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan di Sulsel. Sesuai dengan tema peringatan hari jadi DWP ke-23 tahun, yaitu “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”.

Baca Juga: Launching Gerakan Keluarga Cerdas Teknologi Digital, Naoemi Berharap Ada Tindak Lanjut ke Desa-desa

“Saya berharap, peringatan ini dapat menjadi momentum refleksi sekaligus menumbuhkan harapan. Dan keyakinan bahwa kita mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul. Yaitu manusia yang berkualitas dan berdaya saing, melalui ketahanan keluarga yang tangguh. Ketahanan Keluarga ini akan menjadi kekuatan kita mewujudkan visi Sulawesi Selatan yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter,” ucap Andi Mirna.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Dharma Wanita Persatuan atas dedikasinya dan kontribusi nyata dalam mendukung program pemerintah. Guna mensejahterakan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang telah di laksanakan. “Mari kita lakukan sinergi dan kolaborasi dengan program kerja OPD lingkup Pemprov Sulsel dan Kab/Kota dalam mewujudkan pembangunan di Prov. Sulsel,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di masa pasca pandemi ini, Pemerintah Prov. Sulsel terus berusaha untuk bangkit dari dampak pandemi, Dharma Wanita Persatuan dapat membantu kebangkitan kewirausahaan perempuan Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Naoemi Dorong Rakernas Dekranas 2022 Bangun Kolaborasi Antar-Dekranasda

Untuk itu ia mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan harapan dan keyakinan bahwa perempuan bisa mengambil peran dalam pembangunan. Peran perempuan melalui perekonomian berbasis kreativitas yang banyak memanfaatkan perkembangan era digital, tentu akan menjadi suatu kekuatan baru.

Pemprov Sulsel, berharap melalui peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan, menjadi momentum akan bangkitnya perekonomian di Sulawesi Selatan melalui kewirausahaan perempuan, dengan harapan inovasi-inovasi produk lokal dapat muncul di Sulsel yang dapat dikembangkan pada skala nasional.

“Akhirnya, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Ulang Tahun Dhama Wanita Persatuan, semoga kedepannya DWP terus menjadi organisasi yang inovatif, kreatif dan berkualitas dalam mendorong peran perempuan dalam pembangunan bangsa,” tandasnya. (*)

Exit mobile version