Awal Tahun, Bupati Andi Utta Umumkan Camat dan OPD Terbaik

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Apel Gabungan OPD di halaman Kantor Bupati menjadi kegiatan pertama lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba di awal tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf yang menjadi pembina apel di sela amanatnya mengumumkan kinerja camat dan OPD selama tahun 2022. Selain yang terbaik, Bupati juga merilis kinerja camat dan OPD yang terendah.

Untuk posisi Camat Terbaik di raih oleh Camat Bontotiro di susul Camat Bontobahari. Sedangkan camat yang kinerjanya di nilai rendah adalah Camat Kajang dan Camat Ujungbulu.

Sementara untuk OPD dengan Kinerja Terbaik di raih oleh Inspektorat Kabupaten disusul Dinas PUPR dan Dinas Dukcapil. Sedangkan OPD dengan kinerja rendah diraih oleh Badan Kesbangpol, Dinas Perikanan, Dinas Perdagangan Perindustrian dan UKM, serta Dinas Kesehatan.

Baca Juga : Sambut 2023, Ketua TP PKK Makassar Zikir Bersama di Baruga Anging Mammiri

Andi Utta sapaan akrab Bupati menyampaikan penilaian kinerja tersebut berdasarkan beberapa indikator di antaranya aspek sinergitas, baik internal maupun eksternal OPD, penyelesaian masalah dan aduan masyarakat serta pencapaian target PAD bagi OPD pengelola pendapatan asli daerah.

Selain itu, OPD juga di nilai dari kemampuan menyelesaikan masalah atau konflik yang seharusnya di selesaikan di internal, tidak harus sampai ke pimpinan. Begitu pula kemampuan menjabarkan visi pimpinan melalui kreatifitas dan inovasi.

“Saya amati masih ada aparat yang tidak tegak lurus. Masih ada yang bekerja setengah hati,” ungkap Andi Utta, Senin 2 Januari 2023.

Olehnya itu, lanjut Andi Utta penilaian itu menjadi momentum evaluasi untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik di tahun 2023. Bagi camat dan OPD yang kinerja baik tidak perlu besar kepala, tapi justru kinerjanya harus lebih di tingkatkan lagi.

“Pastikan OPD bekerja tuntas dan berkualitas. Pastikan program kita bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat,” bebernya.

Selain capaian tahun 2022, beberapa catatan penting selama pelaksanaan anggaran 2022 yang penting menjadi perhatian bagi OPD di antaranya penginputan SIRUP untuk proses tender yang lebih cepat sehingga serapan anggaran juga lebih cepat.

Baca Juga : Polda Sulsel dan Jajaran Selesaikan 14.935 dari 25.357 Kasus Pidana

“Jangan sampai di nilai bahwa pemerintah tidak bisa gunakan anggaran,” cetusnya

Dalam mengawali tahun anggaran 2023, Andi Utta dalam sambutannya juga meminta komitmen seluruh ASN di apel gabungan OPD untuk bekerja lebih baik dan menjadi pelayan masyarakat.

“Apakah saudara sekalian bersedia menjadi pelayan masyarakat,” seru Bupati Bulukumba

“Siap bersedia,” sahut seluruh peserta apel.

Usai apel gabungan, Bupati bersama Wakil Bupati memimpin rapat rutin lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba di Pendopo Rujab Bupati.(*)

↑
Exit mobile version