Wali Kota Hadi Minta Kepala Sekolah Kreatif dan Inovatif

# Disampaikan di MKKS SMP Se Kota Palu

PALU, NEWSURBABN.ID — “Pergeseran fungsi mengharuskan Kepala Sekolah Kreatif dan Inovatif dalam menjalankan tugas,” kata Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid (Hadi), saat menghadiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri dan Swasta se Kota Palu di SMP IT Al Fahmi Palu Yayasan Al Fahmi di Jl. Gelatik pada Sabtu (14/1/2023).

Wali Kota Hadi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pertemuan MKKS ini. Ia juga mengatakan, magang para kepala SMP di beberapa sekolah yang ada di Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Barat belum lama ini sebagai upaya Pemkot Palu tingkatkan mutu dan kualitas para kepala sekolah.

Dia tekankan para kepala sekolah harus menciptakan manajemen yang baik dan hebat di masing-masing sekolahnya.

Baca Juga: Hadir HAB Kemenag ke-77, Wali Kota Palu Sebut Terwujudnya Moderasi Beragama di Sulteng

“Kalau ini, kita bangun dengan baik, maka semua akan mengikut termasuk masalah prestasi. Kalau kita hanya fokus masalah prestasi, kita tidak akan memandang semua hal. Mana anak yang hebat itu saja yang kita olah. Sekarang tidak lagi seperti itu,” kata Hadi.

Ia mengibaratkan sekolah adalah etalasi kecil sebuah daerah. Sehingga kalau ingin masyarakat yang kuat, maka sekolah harus menciptakan.

“Kepala sekolah tidak lagi bekerja secara individual yang cerdas tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas,” jelasnya.

Kata dia, pergeseran fungsi dan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah. Mengharuskan adanya tuntutan kepala sekolah kreatif dan inovatif serta aktif.

Baca Juga: Penipu Catut Wakil Wali Kota Palu Minta Sumbangan, Waspada!

“Dengan kata lain, kepala sekolah dituntut harus proaktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan di sekolah. Yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,” jelasnya.

Karena itu, dia berharap melalui MKKS SMP negeri dan swasta se Kota Palu menjadi suatu wadah asosiasi. Atau perkumpulan kepala sekolah yang berada di Kota Palu. Yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman antar kepala sekolah.

Hadi hadir bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu H. Hardi, S.Pd, M.Pd, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Sulteng sekaligus pengurus Yayasan Al Fahmi Hj. Wiwik Jumatul Rofiah, S.Ag, M.H. Juga Sekdisdikbud Kota Palu Evi Oktavia S.T, M.M serta para pengurus MKKS SMP Kota Palu. (ysf)

Exit mobile version