Adnan Minta PWI Jadi Wadah Jurnalis Gowa Tingkatkan Profesionalisme

Hadiri Pelantikan PWI Gowa Masa Bakti 2022 - 2025

GOWA, NEWSURBAN.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menghadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gowa, masa bakti 2022 – 2025, di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Kamis (19/1).

Pelantikan ini mengangkat tema “Kolaborasi Dalam Bingkai Profesionalisme Pers yang Berintegritas di Era Digitalisasi” dan di lantik langsung Ketua PWI Sulsel, Agus Alwi Hamu.

Bupati Adnan mengatakan dirinya sangat setuju dengan tema yang di angkat. Menurutnya kolaborasi menjadi hal yang sangat penting khususnya dalam mencapai kesuksesan dan kemajuan daerah.

Baca Juga : Prof Rasdiyanah Amir Berpulang, Bupati Bulukumba Sampaikan Belasungkawa Mendalam

“Saya sangat mengapresiasi tema kegiatan ini. Karena tidak ada kemajuan yang bisa di raih dengan cara individualistik tapi dengan kolaborasi semua bisa di raih,” katanya.

Orang nomor satu di Gowa ini mengaku media saat ini sangat berperan penting dalam pembangunan suatu daerah. Pasalnya melalui pemberitaan dari media yang ada seluruh program hingga capaian pemerintah daerah dapat di ketahui oleh masyarakat luas.

“Dalam teori pentahelix ada lima unsur pilar pembangunan yang tidak dapat di pisahkan. satu dengan lainnya yaitu pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi dan media. Jika kelima unsur ini berjalan dengan dengan baik maka yakin dan percaya daerah tersebut juga baik.” jelas Bupati Adnan yang hadir di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan.

Kendati demikian, Adnan menyebut saat ini terdapat beberapa wartawan yang hanya mementingkan judul tapi tidak sesuai dengan isi berita. Karena itu PWI harus menjadi wadah dalam meningkatkan profesionalisme wartawan.

“60 persen penduduk memang pembaca berita, tapi dari 60 ini 40 persen hanya membaca judul tanpa membuka isinya. Mohon maaf terkadang untuk membuat berita itu bombastis judul dan isinya tidak ketemu, sehingga salah satu tugas berat PWI adalah menyadarkan oknum pers seperti ini,” jelasnya.

Olehnya pada kesempatan tersebut, Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini berharap kontribusi dari PWI melalui jari dari seluruh insan pers. Yaitu pemberitaan yang mampu memajukan daerah.

Baca Juga : Gratis, Gubernur Sulsel Hadirkan Program Layanan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Kulit

“Kita berharap kedepannya PWI dan Pemerintah Kabupaten Gowa bisa berkolaborasi. Sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud di wilayah Kabupaten Gowa ini,” harapnya.

Sementara Ketua PWI Gowa terpilih, Arman mengungkapkan PWI akan menjadi unsur untuk melakukan pembinaan wartawan menuju arah profesionalisme.

“Kita akan membuat program kerja yang berfokus terhadap profesionalisme wartawan. Karena di era sekarang informasi beredar luas dan masuk dalam segala arah tanpa terkontrol. Sehingga peran insan pers adalah memberikan informasi kebenaran kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pada pelantikan ini turut di serahkan penghargaan kepada Bupati Gowa sebagai Tokoh Inspiratif Insan Pers. Yang di serahkan oleh Ketua PWI Sulsel dan Pelantikan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Turut pula hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa Gowa dan para pimpinam SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(NH)

↑
Exit mobile version