Tidak Selesaikan Pekerjaan, Kontrak Kontraktor Irigasi Kadieng Diputus

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pembelajaran penting bagi penyedia untuk tidak main-main dalam pelaksanaan proyek sesuai kontrak. Akibatnya bisa pemutusan kontrak dan bahkan dapat sanksi blacklist. Kontraktor Irigasi Kadieng salah satu contoh.

Seperti yang terjadi pada paket proyek pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Daerah Irigasi (D.I.) Kadieng Kecamatan Rilau Ale, penyedianya yakni CV. Rifqi Abadi Jaya diputus kontrak oleh Pejabat Penandatangan Kontrak (PPK) nya atas nama M. Al Ansar.

Kontraktor Irigasi Kadieng dalam pelaksanaan proyek tahun anggaran 2022 ini-diputus kontrak. Pemutusan kontrak melalui surat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang per tanggal 10 Februari 2023 yang-ditujukan kepada Direktur CV. Rifqi Abadi Jaya.

Baca Juga: Musim Hujan, Tim Kendali Banjir Bulukumba Kembali Beraksi

Adapun alasan pemutusan kontrak, Al Ansar menyampaikan pemutusan kontrak-dikategorikan bahwa Penyedia Barang/Jasa tidak dapat menyelesaikan pekerjaan. Meski sebelumnya, telah-diberikan kesempatan menyelesaikan pekerjaan untuk yang kedua kalinya.

“Intinya penyedia tidak memiliki komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak,” ungkap Al Ansar, Jumat 17 Februari 2023.

Pemutusan kontrak ini, lanjutnya mengacu pada Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan perubahannya. Pada Pasal 52 ayat (1) huruf h dan peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021.

Pada lampiran point 7.18.1 menyatakan bahwa Pemutusan Kontrak oleh Pejabat Penandatangan Kontrak huruf
(0). Setelah-diberikan kesempatan menyelesaikan pekerjaan sampai dengan 50 (lima puluh) hari
kalender sejak masa berakhirnya pelaksanaan pekerjaan, Penyedia Barang/Jasa tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang berakhir.

“Sampai di putus kontrak, progres pekerjaan baru mencapai 85.50 persen,” tambahnya.

Baca Juga: BPKPD Bulukumba Terima Penghargaan Penyetor Pajak Tertinggi

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam hal pemutusan kontrak atas kesalahan penyedia maka pihaknya akan melakukan pencairan jaminan pelaksanaan dari penyedia. Begitu pula penyedia harus membayar denda keterlambatan sebesar 1/1000 per hari keterlambatan atas nilai
kontrak sebelum ppn. Selain itu penyedia juga di kenakan sanksi Daftar Hitam atau blacklist.

Proyek rehabilitasi irigasi Kadieng dengan anggaran Rp5,1 miliar ini mulai kontrak pada 7 Juni sampai 3 November 2022. Karena tidak selesai sampai batas akhir kontrak, maka kemudian dilakukan adendum pertama perpanjangan masa pekerjaan selama 50 hari. Sampai pada adendum kedua mulai 24 Desember sampai 22 Januari 2023, pihak penyedia juga ternyata tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya.

Meski progresnya baru mencapai 85.50 persen, namun secara umum D.I Kadieng sudah bisa berfungsi. Karena yang belum selesai pekerjaannya di bagian hilir sekitar 300 meter. (*)

↑
Exit mobile version