Inacraft 2023, Dekranasda Bawa 5 Perajin Bulukumba

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menampilkan sejumlah kerajinan unggulan dalam Inacraft 2023.

Pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara, The 23th Jakarta International Handicraft Trade Fair ini mengangkat Sulawesi Selatan sebagai ikon. Pameran Inacraft ini dibuka Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pada 1 Maret dan akan berlangsung hingga 5 Maret 2023 di Jakarta Convention Center.

Sejumlah tenan kabupaten/kota se Sulsel-dikunjungi oleh Menparekraf bersama Gubernur Sulsel usai pembukaan. Sandiaga melihat produk-produk unggulan yang-dipromosikan dalam Inacraft ini.

Baca Juga: Inacraft 2023, Tenun Kajang dan Pinisi Bulukumba Terpajang di Stand Utama Sulsel

Tenan Bulukumba berada paling depan, bahkan sarung Kajang beserta alat tenunnya-ditampilkan di beranda depan tenan. Begitu pula perahu Pinisi berada di tengah tengah stand Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas mengatakan jauh-jauh hari pihaknya telah mempersiapkan mengikuti event Inacraft ini. Dengan berbagai produk kerajinan unggulan dari Bulukumba.

Bahkan, lanjutnya ada 5 orang pengrajin Bulukumba diikutsertakan sehingga mereka mendapat pengalaman di pameran terbesar di Asia Tenggara ini.

“Kita berharap pengrajin kita juga dapat merasakan suasana pameran berskala internasional. Langsung berdialog dan menawarkan produknya kepada pengunjung,” kata Herfida Attas yang juga Kadis Kebudayaan Kota Makassar ini.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Bawa Bulukumba Meraih Piala Adipura

Adapun pengrajin Bulukumba yang-diikutsertakan dalam Inacraft 2023 ini yaitu Kaharuddin (pembuat miniatur Pinisi); Yuyun Wahyuni (Anyaman Daun lontar); Sukmawati (sarung tenun Kajang); Tasmawati (sarung tenun Bira); dan Andi Mawar Mappamadeng (membatik sibori dan tulis sarung pantai Bira).

Kaharuddin menyampaikan bahwa suatu kebanggaan Adibah Souvenir Centre Tanaberu miliknya bisa ambil bagian dalam ajang pameran Inacraft terbesar Asia Tenggara ini.

“Tentunya banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa saya bawa pulang untuk pengembangan usaha kami ke depannya,” beber Kaharuddin yang mengaku pertama kali keluar provinsi mengikuti pameran.

Ia pun berterima kasih kepada Pemda Bulukumba dan Dekranasda yang telah memfasilitasi pengrajin Bulukumba mengikuti pameran Inacraft.

“Ini pertama kalinya, dan saya tertarik menerima tawaran ikut karena saya biasa kirim miniatur perahu Pa’dewakang ke Australia bahkan ke Libanon. Apalagi ini pameran levelnya Asia Tenggara,” imbuhnya.

Baca Juga: Satpol PP Bulukumba Edukasi Pengunjung terkait Perda KTR di Rumah Sakit

Kegiatan Inacraft ini,dilaksanakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASHEPI). Event ini, merupakan wadah bagi produsen dan eksportir handicraft Indonesia.

Tema besar Inacraft yakni “From Smart Village to Global Market” dengan sub-temanya “The Authentic South Sulawesi”. Ini menandakan lokalitas seni, kerajinan dan budaya Sulsel yang akan-didorong untuk menembus pasar internasional.

Acara ini-diikuti lebih dari 1.200 tenant pengrajin dari seluruh penjuru Indonesia dan beberapa negara antara lain Maroco, Uzbekistan, Nepal.

Hal ini menjadi peluang besar bagi Sulawesi Selatan dalam menunjukkan eksistensi seni, kebudayaan, kreativitas, kerajinan, lokalitas, hingga pariwisata. (*)

Exit mobile version