Warga Desak Badan Kehormatan untuk Sidang Etik Ketua DPRD Luwu Timur

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Viralnya sebuah video di jagat media sosial yang memperlihatkan sikap Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin menolak untuk menyalami warga. Tindakan hal itu masyarakat Luwu Timur mengecam tindakan keangkuhan seorang Ketua DPRD Luwu Timur.

Selain memberikan kecaman, warga juga mendesak Badan Kehormatan (BK) DPRD Luwu Timur untuk melakukan sidang etik kepada Ketua DPRD Luwu Timur.

“Tidak ada alasan BK untuk mendiamkan kelakuan Ketua DPRD Luwu Timur ini. Hal ini tertuang di dalam Tata Tertib, Tugas dan Tanggung Jawab Bewan Kehormatan DPRD,” tegas Swaib Laibe, warga Luwu Timur, Jumat 10 Maret 2023.

Menurutnya, sifat-dipertontonkan seorang Pimpinan DPRD Luwu Timur itu, di anggap menodai marwah DPRD sebagai wadah untuk menampung aspirasi warga selama ini.

“Namun, apa yang terjadi sekarang ini. Tempat di mana masyarakat untuk berkeluh-kesah tapi terkesan malah mempertontonkan sikap yang tidak terpuji,” ujar Swaib ini.

Ia mengatakan tindakan dilakukan oleh Ketua DPRD Luwu Timur yang sempat viral di media sosial maupun media-media online dan di televisi yang menolak bersalaman dengan warga. “Sudah di baca oleh jutaan orang, dan semua orang mengecam sikap Ketua DPRD Luwu Timur ini,” katanya.

Baca juga: Viral, Video Ketua DPRD Luwu Timur Terlihat Angkuh: Pak Aripin Sombong Banget !

Aripin juga adalah Ketua Partai Golkar Luwu Timur, sikap dan etikanya seharusnya menjadi panutan masyarakat di Luwu Timur yang terkenal sebagai daerah yang berbudaya dan beradab.

“Perlakuan yang kemarin tidak mencerminkan sosok ketua DPRD Luwu Timur. Ini juga sudah menciderai martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD Luwu Timur,” tutur Swaib ini.

Ia menyarankan kepada pimpinan partai Golkar baik di Golkar Sulsel dan Golkar Pusat untuk menyikapi kelakuan kadernya. Lanjut Swaib, Partai Golkar selama ini adalah partai cukup besar dan berpengaruh daerah yang dijuluki bumi batara guru ini.

“Apalagi Aripin ini juga Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Timur. Secara otomatis kepercayaan partai Golkar di mata masyarakat di Luwu Timur cukup mempengaruhi hal itu setelah viralnya video Aripin beberapa hari ini,” ujarnya.

Badan Kehormatan DPRD Luwu Timur Tunggu Delik Aduhan Masyarakat

Sementara, Ketua Badan Kehormatan DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid, mengatakan dirinya belum melakukan tindakan pasca viral video Ketua DPRD Luwu Timur. Ia mengaku akan melakukan rapat internal BK sebagai dasar untuk merapatkan permasalahan tersebut.

“Nanti kita lihat setelah masuknya surat delik aduhan kepada kami. Masuknya surat itu, nantinya kami akan rapatkan secara internal,” ujarnya.

Wahidin Wahid juga kader Golkar, ditanya terkait viralnya video tersebut apakah tidak mempengaruhi tingkat elektabilitas dan mencederai partai golkar.

“Kami tidak mengaitkan kami permasalahan itu. Itu masuk kebijakan internal partai sendiri. Yang bisa menilai semacam itu adalah kewenangan DPD I Golkar Sulsel dan pusat,” tutupnya.

Dikonfirmasi Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, terkait videonya yang viral tidak ada tanggapan sama sekali dalam kondisi aktif.

Baca juga: Oknum Dewan Aniaya Pegawai SPBU Diadukan di Badan Kehormatan DPRD Luwu Timur

Viralnya video penolakan ketua DPRD Luwu Timur, juga menjadi perbincangan para politik elit di tanah air. Bahkan baru-baru ini masyarakat Luwu Timur memposting semacam brosur untuk meminta kepada Badan Kehormatan melakukan sidang etik.

Sebelumnya, sebuah video beredar dengan durasi 25 detik viral di media sosial, Rabu 08 Maret 2023. Video tersebut memperlihatkan sifat keangkuhan Ketua DPRD Luwu Timur Aripin, tak ingin menyalami warga di kantor DPRD Luwu Timur.

Aripin mengenakan jas hitam dan mengenakan kopia warna hitam turun dari mobil-didampingi para ajundannya. Terlihat juga salah satu anggota Dewan Alfian Alwi itu mendampingi Ketua DPRD Luwu Timur.

Warga itu terlihat keluar dari pintu kantor DPRD Luwu Timur, lalu mengulurkan tangannya untuk menyalami ketua DPRD Luwu Timur. Namun apa terjadi, Ketua DPRD hanya malah menolak untuk berjabak tangan dengan cara mengepal tangannya dan menyimpan tangannya ke belakang.

Walapun tak disalami oleh Ketua DPRD Luwu Timur, orang tersebut malah tersenyum lebar. Hingga meninggalkan kantor DPRD Luwu Timur.

Di dalam video itu, salah satu orang sempat mendokumentasikan melalui video mengatakan “Pak Aripin, sombong banget. Ini orang mau jabat tangan tapi tidak mau loh,” katanya.

Video viral itu terlihat salah satu anggota DPRD Luwu Timur Alfian Alwi mendampingi Ketua DPRD Luwu Timur.

Alfian mengatakan, kejadian itu pada saat akan melakukan pemilihan Wakil Bupati Luwu Timur, Senin 06 Maret 2023.

“Pak ketua terburu-buru ini, karena mau pimpin Paripurna wakil Bupati,” katanya melalui Whatsapp, Rabu 08 Maret 2023.

Sekedar-diketahui, warga di maksud adalah bernama Arif tinggal di Malili, Luwu Timur. Informasi beredar Arif juga berprofesi sebagai wartawan di salah satu media online. (*)

Exit mobile version