Jenazah Korban Penembakan KKB Papua Tiba di Toraja Utara: Keluarga Korban pada Histeris

TORAJA UTARA, NEWSURBAN.ID – Korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pegunungan, pada Rabu (8/3/2023) malam lalu. Jenazah korban tiba di kampung halamannya, Sabtu (11/3/2023)

Ingas tangis histeris para kerabat dan keluarganya tak terbendung kedatangan jenazah korban bernama Viktor Hadi Sampa (24) saat tiba di rumah duka di Lembang Mai’ting Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/3/2023) siang.

Viktor Hadi Sampa seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Papua ini, terlihat terbujur kaku di dalam peti jenazah saat tiba di rumah orang tuanya tak kuasa menahan kesedihan hingga jatuh pingsan.

Pengakuan Keluarga korban, Pither Indu’ mengatakan korban ke Papua kuliah untuk menyelesaikan pendidikan S1. Sayangnya belum selesai ajal telah menjemput saat KKB membabi buta menembak anak kami yang tidak bersalah.

Baca juga: Gubernur Sulsel Fasilitas Kepulangan Korban Penembakan KKB Papua ke Makassar

 

“Korban berangkat ke Papua bekerja sambil kuliah, jadi hasil kerjanya dia gunakan untuk membiayai kuliah dan hidupnya, memang dia orangnya mandiri,” kata Pither Indu’ saat-dikonfirmasi Minggu 12 Februari 2023.

Keluarganya korban pun tak menyangka jika Viktor akan pulang dalam kondisi tidak bernyawa karena kebiadaban KKB.

“Kami keluarga tidak menyangka kalau akhirnya begini. Di mata keluarga korban sangat baik. Tapi pulang dalam keadaan sudah tak bernyawa. Kami berharap agar aparat keamananan bertindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” harap Pither indu’.

Baca juga: 10 Orang Tewas Dibantai KKB Papua, Tiga Warga Sulsel

 

Saat ini jenazah Viktor Hadi Sampa disemayamkan di Tongkonan Kanan Penduan Raba, rumah orang tua korban.

Jenazah korban di bawa dari Yahukimo Papua hingga tiba di Toraja Utara atas bantuan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Papua.

“Pemulangan jenazah korban ke kampung halaman di sini, atas bantuan semua pihak. Termasuk teman – teman Ikatan Keluarga Toraja (IKT) yang tidak mengenal lelah membantu pemulangan jazad korban, kami dari keluarga sangat berterima kasih atas bantuan semua pihak yang sudah berupaya memulangkan jenazah Viktor Hadi Sampa,” ucap Theo Tengkelangi, pengurus IKT Provinsi Papua.

 

Dua Korban Tewas Atas Kebiadaban KKB Papua

 

Sebelumnya Dua warga sipil menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (8/3/2023) malam. Dua korban berinisial EP (18) dan VS (24), tewas tertembak di Jalan Poros Logpon Kilometer 2, Distrik Dekai.

Satu dari 2 korban adalah warga Toraja Utara, Sulawesi Selatan yakni Viktor Hadi Sampa (VS) seorang mahasiswa di Yahukim berasal dari Ra’ba, Pangala’, Toraja Utara.

Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua, Edy Rantetasak mengatakan korban penembakan atas nama Viktor Hadi Sampa-ditembak di jalan saat tengah mengantar makanan ternak yaitu Babi, keduanya berboncengan sepeda motor.

“Jenazah korban Viktor Hadi Sampa sudah di urus oleh keluarga dan pengurus IKT Yahukimo, kemudian-dievakuasi. Serta di semayamkan di Jayapura, Papua. Setelah semalam disemayamkan di Jayapura, jenazah Victor kemudian diterbangkan ke Makassar untuk selanjutnya ke Toraja,” kata Edy saat-dikonfirmasi wartawan, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Usai Ditembaki KKB Papua, Sopir Truk Pengangkut Pasir Hilang

 

Edy meminta warga mengingat situasi terutama di daerah pegunungan Papua, agar selalu waspada dan berhati-hati.

“Kepada seluruh warga sipil asal Toraja yang merantau ke Papua, jika situasi kurang kondusif.  Sebaiknya turun ke kota dulu,” ujar Edy.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penyerangan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Rabu (8/3/2023) malam. Sebanyak dua warga berinisial EP (18) dan VS (24), tewas tertembak di Jalan Poros Logpon Kilometer 2, Distrik Dekai.

“Sekira pukul 19.40 WIT. Terdengar suara letusan sebanyak dua kali, selang lima menit, seorang masyarakat datang melapor ke Polres Yahukimo bahwa ada dua orang tergeletak di Jalan Poros Logpon,” ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Kamis (9/3/2023).

Baca juga: Penembak 8 Orang di Kamp PTT Puncak Papua, Polisi Sebut KKB Pimpinan Terry Aibon

 

Setelah mendapat laporan warga, tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz 2023 mendatangi lokasi kejadian.

Petugas mendapati korban berinisial EP mengalami luka tembak di pinggung kiri, kepala, serta lecet pada pipi, tangan, dan kaki. Korban-dinyatakan meninggal pada pukul 22.09 WIT.

Sedangkan VS menderita luka tembak di punggung dan leher. VS juga menderita lecet di kaki kiri. Korban dinyatakan meninggal pukul 23.05 WIT.

Meski begitu, Fakhiri menyebut, kondisi di Distrik Dekai kondusif. Petugas keamanan di lokasi juga telah diminta meningkatkan kesiapsiagaan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada, hindari aktivitas yang tidak perlu, apalagi pada malam hari,” kata dia. (*)
Exit mobile version