Pantau Pasar Tradisional, Gubernur Andi Sudirman: Stok dan Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Stok dan harga bahan pokok masih relatif stabil. Hal itu berdasarkan pemantauan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman di Pasar Terong, Kota Makassar, Jum’at 24 Maret 2023.

Dalam pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pokok di Pasar Tradisional, turut di hadiri Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana; Forkopimda Sulsel; serta para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

“Sore ini, kita melakukan pemantauan harga dan ketersediaan di Pasar Terong Makassar. Dari pantauan di Pasar Tradisional ini. Harga ada yang mengalami kenaikan namun masih relatif stabil. Stok bahan pokok kita juga aman,” ungkapnya.

Baca Juga: Bypass Takkalasi Barru – Lawo Soppeng Dianggarkan Rp73,2 M, Gubernur Andi Sudirman: Pangkas Jarak 30 KM

Dari pantauan di Pasar Terong, di antaranya harga bawang merah 35 ribu/kg; minyak kemasan Rp22 ribu/liter; minyak curah Rp13.300/kg; cabai Rp 50 ribu/kg; ayam Rp 60 ribu/ekor.

Untuj menjaga stabilitas pasokan, Pemprov Sulsel bersama Kabupaten/Kota terus berkoordinasi mengenai harga dan ketersediaan stok bahan pokok.

Andi Sudirman Sulaiman juga mengaku salah satu langkah untuk menekan kenaikan harga, apa bila sudah melampaui batas adalah dengan operasi pasar.

Baca Juga: Hari Kedua Ramadan, Gubernur Andi Sudirman Melakukan Pemantauan di Pasar Terong Makassar

“Pemerintah terus memastikan ketersediaan stok dan harga di bulan Ramadhan ini. Jika harga menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan, maka akan di lakukan operasi pasar,” jelasnya.

Untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan, Pemprov Sulsel melakukan memantau dan berkoordinasi dengan gudang distributor, pasar tradisional, pasar ritel modern, serta produsen.

“Kita menghimbau masyarakat untuk bijak dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya. (*)

Exit mobile version