PKK Bajeng Barat Dorong Inovasi Dashat di Setiap Desa

GOWA, NEWSURBAN.ID — Inovasi Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) saat ini mulai di terapkan di setiap Desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa. Di Kecamatan Bajeng Barat, salah satu desa yang telah menerapkan inovasi ini adalah Desa Pagentungang.

Inovasi ini di sampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Bajeng Barat, Sitti Hijriah di hadapan Tim Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) PKK Kabupaten Gowa di Kecamatan Bajeng Barat, Kamis (4/5).

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bajeng Barat, Sitti Hijriah mengatakan, inovasi Dashat ini di lakukan dalam rangka percepatan penurunan stunting khususnya di Kecamatan Bajeng Barat.

Baca Juga: Wakil Ketua TP PKK Gowa Apresiasi Program Sapa Lompat TP PKK Kecamatan Bajeng

“Inovasi Dahsat bertujuan mengajak masyarakat untuk memperbaiki gizi keluarga melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada sasaran dalam hal ini Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan anak stunting, juga membiasakan rajin makan sayur,” jelas Sitti Hijriah.

Dia juga memaparkan, dari tahun ke tahun, angka stunting di Bajeng Barat setiap harinya semakin menurun.

“Di tahun 2020 berada di angka 156 orang, di tahun 2021 sebanyak 218. Di tahun 2022 sebanyak 109 dan di tahun 2023 sebanyak 91 orang,” rincinya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gagas Program 1.000 Hektare Sawah di Empat Kecamatan

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Gowa, Mussadiyah Rauf menuturkan, Dashat di bentuk untuk memastikan bahwa makanan bergizi betul-betul sampai kepada sasaran.

“Melalui Dashat ini kita bisa pastikan makanan bergizi bisa langsung di berikan kepada bayi ataupun ibu hamil. Sehingga penanganan stunting ini bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” kata istri Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni ini.

Mussadiyah juga berharap, seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Bajeng Barat turut menerapkan Inovasi Dashat.

“Kedepan setelah SMEP ini di laksanakan, saya mengimbau seluruh desa dan kelurahan. Harus mampu menerapkan Dashat demi percepatan penurunan angka Stunting di kecamatan ini,” pungkasnya. (af/up)

Exit mobile version