Lewat 3 Tahun Jabat Ketum GP Ansor, Gus Yaqut Didesak Segera Gelar Kongres

LUWU UTARA, NEWSURBAN.ID — Mantan Ketua GP Ansor Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Arifin mendesak pengurus pusat untuk segera menggelar kongres. Hal ini mengingat Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut yang menjabat sebagai ketua umum Ansor telah habis masa baktinya.

“Kemimpinan beliau (Gus Yaqut) ini bukan soal suka atau tidak suka. Kami di daerah ini belum paham apa menjadi masalahnya, kenapa sampai hari ini pengurus pusat belum melaksanakan kongres. Sementara kita tahu bersama bahwa beliau sudah berakhir masa jabatanya sebagai ketum Ansor,” kata Arifin, Sabtu 06 Mei 2023.

Terlebih lagi, Ansor ini adalah organisasi kaderisasi. Artinya, lanjutnya ada regenerasi kaderesasi selanjutnya.

“Kapan kongres tidak dilakukan secepatnya. Ini artinya, menjadi citra presiden buruk bagi organisasi kedepannya,” ujar Arifin.

Baca juga: Safari Politik GP Ansor Kota Makassar, PPP Partai Politik yang Disambangi Pertama

Secara aturan organisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) GP Ansor, Arifin menjelasakan, bahwa di masa kemimpinan ketua Ansor hanya menjabat selama 5 Tahun. Tapi apa terjadi sekarang ini, Gus Yaqut-dianggap sudah menyalahi peraturan organisasi (PO).

“Jangan salahkan nantinya, jika pengurus selanjutnya akan seperti ini, karena sudah ada contoh pemimpin sebelumnya yang menunda-nunda pelaksanaan kongres,” tegasnya.

Dengan begitu, Arifin menyarankan untuk pengurus pusat segera mungkin melaksankan kongres.”Saya hanya menyarankan sebaiknya dan secepatnya melakukan suksesi atau kongres demi jalannya regenerasi dan menjaga harkat dan martabat organisasi,” pungkas Arifin.

Baca juga: TNI AD Bakal Latih Bela Negara Banser dan GP Ansor

Sementara kader Ansor lainnya, Arpa menambahkan, tidak singkronnya secara aturan di daerah dan pusat.

Ia mengaku pengurus pusat mendesak di daerah untuk segera melakukan konfercab yang sudah berakhir masa baktinya. Tapi kata Arpa, pengurus pusat sendiri belum melaksanakan kongres yang sudah lewat masa periodenya selama 3 tahun.

“Cukup-disayangakan sih. Yang mendesak, malah belum melaksanakan kongres yang sudah lewat masa jabatanya,” akunya.

Diketahui, Yaqut Cholil Qoumas terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum GP Ansor dengan masa bakti 2015–2020 di Yogyakarta. Sekarang ini, Yaqut Cholil Qoumas juga masuk dalam Kabinet Indonesia Maju menjabat sebagai Menteri Agama RI. (*)

Exit mobile version