Adnan Lepas 1.809 Ton Beras Bantuan Pangan untuk 60.311 KPM di Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan Pelepasan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk beras Bantuan Pangan 2023 dari Badan Pangan Nasional di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (8/5).

Bupati Adnan mengatakan bahwa penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah pusat guna menekan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia termasuk di Kabupaten Gowa.

“Ini adalah kebijakan Bapak Presiden Joko Widodo, pemerintah pusat memberikan bantuan pangan kepada masyarakat dengan tujuannya untuk bisa menghilangkan kemiskinan ekstrim yang ada di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Perda Wajib Masker Kabupaten Gowa ResmiDicabut

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini mengatakan bahwa bantuan pangan pemerintah ini juga sebagai upaya penanganan stunting di seluruh wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Gowa.

“Selain itu, tujuan dari penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan ini agar dapat memberantas stunting dan mampu meringankan beban masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap bantuan pangan yang di salurkan melalui Perum Bulog kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupatan Gowa ini memiliki kualitas yang baik.

“Mudah-mudahan berasnya semuanya baik dengan kualitas yang baik yang akan diberikan kapada masyarakat. Dan Bulog telah berjanji apabila ada komplain yang tidak sesuai maka Insya Allah akan di gantikan langsung oleh Bulog,” harapnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Lepas 589 JCH Reguler, Sebut Mereka Orang-Orang Beruntung

Sementara itu, Wakil Kepala Cabang Bulog Makassar, Anto Purwanto mengatakan bahwa penyaluran perdana bantuan pangan nasional di Kab. Gowa sekitar 1.809.330 Kg beras untuk 60.311 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tiga tahap.

“Hari ini kita menyalurkan bantuan pangan dari pemerintah, Badan Pangan Nasional di mana Bulog sebagai pelaksana. Di Kabupaten Gowa ada 60.311 Keluarga Penerima Manfaat yang akan menerima bantuan pangan ini 10 Kg Beras per KPM,” ujarnya.

Dalam penyalurannya, Anto Purwanto mengatakan pihaknya melibatkan para pendamping PKH. Juga, pemerintah setempat, Babinsa daan Bhabinkamtibmas yang ada di desa dan kelurahan.

Baca Juga: Wabup Gowa Dorong FKUB Terus Jaga Kondusifitas Kehidupan Umat Beragama di Gowa

Dia menambahkan jika ada penggantian penerima bantuan pangan, maka pemerintah setempah harus membuat surat pernyataan tanggungjawab mutlak.

“Kalau ada pemggantian, misalnya meninggal dunia bisa di ganti oleh ahli waris. Pindah kependudukan juga bisa di ganti ke yang lain. Tetapi harus ada surat pernyataan tanggungjawab mutlak SPTJM dari pemerintah desa atau kelurahan,” tambahnya.

Pelepasan penyaluran cadangan beras pemerintah untuk Bantuan Pangan 2023 turut di hadiri Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina dan Forkopimda Kabupaten Gowa serta SKPD terkait. (jn/up)

Exit mobile version