Dinas Kominfo Makassar Perkuat Pelayanan Publik Lewat Monev SPBE

MAKASSAR,Ā NEWSURBAN.ID ā€“ Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar mengadakan monitoring, evaluasi (Monev), dan pelaporan pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di ruang Sippakatau Balaikota pada, Selasa (7/05/2024).

Acara dengan tema ā€˜Pemantauan dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelaksanaan SPBE Kota Makassarā€™, dibuka olen Asisten I Pemerintah Kota Makassar, Muhammad Yasir. Peserta kegiatan merupakan perwakilan SKPD Kota Makassar dan Rumah Sakit Umum Daya Makassar.

Dalam sambutannya Yasir, menyatakan bahwa kegiatan ini penting diikuti untuk meningkatkan fungsi SPBE dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien baik bagi internal birokrasi maupun masyarakat umum.

Baca Juga:Ā Kominfo Makassar Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Keamanan Digital

Ia juga menyoroti indeks evaluasi SPBE Pemkot Makassar tahun 2023 yang mencapai 3,41 dengan predikat ā€œBaikā€ dan tertinggi di Sulsel. Dengan harapan agar angka tersebut dapat terus di tingkatkan melalui kegiatan ini.

ā€œKita harapkan dengan peningkatan-peningkatan dan upaya yang kita lakukan dalam penerapan SPBE di semua Instansi. Itu nanti akan berpengaruh pada hasil penilaian selanjutnya,ā€ ucapnya.

Plt Kepala Dinas Kominfo, Ismawaty Nur, juga menekankan pentingnya SPBE sebagai indikator utama dalam upaya meningkatkan pelayanan publik Pemkot Makassar. Dan memperkuat posisi Makassar sebagai Smart City.

Baca Juga:Ā Dinas Kominfo Makassar Libatkan Masyarakat Promosikan Lorong Wisata

ā€œTransformasi ke SPBE sangat mempermudah pelayanan publik. Seperti masyarakat bisa menghemat tenaga dan waktu untuk mengurus administrasi di Pemkot dengan hanya mengakses pelayanan melalui internet,ā€ ucapnya.

Tambahnya, melalui kegiatan ini dia harapkan mampu membangun sinergitas Pemkot Makassar. Untuk meningkatkan intergrasi pelayanan SPBE.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini, di antaranya Sultan Rakib dari Sekretaris Diskominfo-SP, yang membahas peran Pemerintah Provinsi dalam pelaksanaan SPBE,. Dan Sudding dari Analis Persandian Dinas Kominfo Makassar, yang menjelaskan tentang arsitektur SPBE.

Baca Juga:Ā Rakorsus 2024, Dinas Kominfo Makassar Siapkan Inovasi Support OPD Lainnya

Acara tersebut di pandu oleh moderator Suryadi Rahmat, memberikan kesempatan bagi peserta untuk menyampaikan kendala terkait SPBE. Dalam instansi masing-masing untuk di berikan solusi dan arahan.

Melalui diskusi dan penjelasan dari para narasumber, dia harapkan pemahaman tentang pentingnya SPBE. Dan upaya untuk meningkatkan pelayanan publik dapat semakin terwujud di Kota Makassar. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain diĀ Google News

ā†‘
Exit mobile version