Danny Pomanto Meraih Pemimpin Daerah Award 2024 Berkat Inovasi Makassar Low Carbon City

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) meraih Pemimpin Daerah Award 2024 atas inovasinya di dalam mewujudkan Makassar Low Carbon City.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdulah Azwar Anas kepada Danny Pomanto di kegiatan Pemimpin Daerah Award 2024, di Jakarta Concert Hall, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024) malam.

Kota Makassar meraih penghargaan Pemimpin Daerah 2024 kategori inovasi daerah bersama Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Oku Timur, dan Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Bunda PAUD Ingin Wujudkan Kualitas PAUD di Makassar Setara Standar Internasional

Danny Pomanto mengucapkan terima kasih kepada INews Media Grup yang selalu konsen terhadap pembangunan daerah di Indonesia, salah satunya melalui penghargaan Pemimpin Daerah Award 2024.

“Penghargaan seperti ini akan memberi motivasi kepada seluruh daerah, dan ini sangat luar biasa sekali,” kata Danny Pomanto saat diwawancarai usai penyerahan penghargaan didampingi oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ismawaty Nur.

Makassar, lanjut Danny Pomanto mendapatkan penghargaan atas inovasi Low Carbon City. Namun menurutnya, mewujudkan kota rendah emisi karbom menjadi kewajiban pemerintah daerah saat ini di tengah kondisi perubahan iklim.

Baca Juga: Pj Sekda Makassar Tinjau Booth Inovasi APIPTA dan Gammaranami di Pameran Latpimnas

“Tanpa menetapkan kota kita atau daerah kita menjadi Low Carbon City atau Resilient City.  Saya kira kita tidak akan mendapatkan sebuah penyelamatan dunia hari ini. Suhu bumi naik 1,4 derajat. Nah, dengan hadirnya inovasi ini kita ingin bersama-sama berkontribusi terhadap dunia,” jelasnya.

Kata Danny Pomanto, inovasi ini sudah berjalan dua tahun terakhir. Pemerintah Kota Makassar saat ini mulai menggunakan solar panel, energi matahari menjadi energi listrik. Itu dia terapkan, mulai dari sekolah, puskesmas, hingga kantor pemerintah.

“Mobil-mobil juga kita ganti Electric Vehicle (EV), sistem persampahan kita juga kita ganti pakai elektrik semua. Sehingga kita melakukan penghematan terhadap akibat polusi atau emisi dari bahan bakar fosil,” tuturnya.

Baca Juga: Bakal Jadi Percontohan, Pj Sekda Paparkan Program Antikorupsi Kota Makassar

Sementara itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan penghargaan ini di berikan sebagai bentuk apresiasi. Kepada pemimpin daerah yang ikut berkontribusi aktif di dalam pembangunan daerah.

Penghargaan ini di berikan kepada pemimpin di daerah untuk delapan kategori. Di antaranya, Peningkatan Ekonomi Daerah, Percepatan Pembangunan, Pengembangan Pariwisata, Kerjasama Strategis, Reformasi Birokrasi, Tokoh Daerah, Pelayanan Publik dan Inovasi Daerah. (*)

Exit mobile version