Hadiri Peresmian Tiga BUMDes Bersama, Ini Harapan Wabup Sigi Samuel Pongi

SIGI, NEWSURBAN.ID – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi, mengharapkan peresmian tiga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama di Kantor Kecamatan Konovaro, Kabupaten Sigi menjadi pemantik ekonomi dasa.

Hal itu, ia sampaikan saat menghadiri acara peresmian tiga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama di Kantor Camat Kinovaro, Sigi, Sabtu (31/08/2024).

Peresmian tiga BUMDes di Kantor Kecamatan Kinovaro, ini menandai langkah penting dalam pemberdayaan ekonomi local. Khususnya, di wilayah Kabupaten Sigi melalui pengelolaan BUM Desa yang lebih terintegrasi dan efisien.

Baca Juga: Hadiri Konferensi Kerja III PGRI Sigi, Bupati Irwan Janji Berikan Hibah

Adapun tiga BUMDe Bersama yang-diresmikan pada kesempatan ini adalah “Sintuvu Singgani” dari Kecamatan Kinovaro. Kedua, “Bionga” dari Kecamatan Dolo Barat, dan “Nokilalaki Tangguh” dari Kecamatan Nokilalaki.

Ketiga BUMDes Bersama ini di bentuk sebagai hasil kolaborasi antar-desa dalam Lembaga Keuangan Desa (LKD) masing-masing kecamatan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha yang berkelanjutan dan berbasis potensi lokal.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif pembentukan BUMDes Bersama ini. Ia mengharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian di tingkat desa.

Baca Juga: Wabup Samuel Pongi Paparkan Implementasi SAKIP Kabupaten Sigi ke Kemenpanrb

Samuel Pongi, juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, desa, dan masyarakat. Dalam memajukan BUM Desa sebagai salah satu pilar pembangunan ekonomi di Kabupaten Sigi.

“Peresmian BUMDe Bersama ini merupakan langkah konkret dalam upaya kita untuk memaksimalkan potensi local. Dan memperkuat kemandirian ekonomi desa. Saya berharap, dengan adanya BUMDes Bersama ini, kesejahteraan masyarakat dapat semakin meningkat. Dan desa-desa di Kabupaten Sigi semakin maju dan mandiri,” ujar Wakil Bupati.

Turut pada peresmian tiga BUMDes Bersama di Kecamatan Kinovaro ini, para Kepala Desa, tokoh masyarakat. Serta perwakilan dari OPD terkait di Kabupaten Sigi. Selama acara, di lakukan pula penandatanganan prasasti peresmian BUM Desa Bersama.

Dengan peresmian ini, Wabup Samuel Pongi harapkan BUMDe Bersama “Sintuvu Singgani,” “Bionga,” dan “Nokilalaki Tangguh” dapat segera beroperasi. Dan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di masing-masing kecamatan. (ysw/*)

Exit mobile version