TNI, Kepolisian, Pemkot Makassar dan Masyarakat Bahu-membahu Bersihkan Kanal di Jalan Andi Djemma

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kepala Staf Kodim 1408 Makassar Letkol Kadir Tangdiesak mengatakan, dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79 tahun, TNI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersih-bersih lingkungan. Sejalan dengan itu, TNI, Kepolisian, Pemkot Makassar dan masyarakat bahu-membahu bersihkan kanal di Jalan Andi Djemma.

Dalam hal ini, kata dia, TNI mengajak unsur Pemkot Makassar seperti tenaga kebersihan, Damkar, Satpol PP dan perangkat lainnya untuk membersihkan kanal di Jl Andi Djemma, Selasa, 8 Oktober 2024.

“Pemda, kepolisian, kelompok masyarakat, kita libatkan dalam mewujudkan Makassar sebagai kota yang bersih,” kata Kadir usai menggelar Karya Bakti Dalam Rangka HUT TNI ke-79 tahun, di Jl Andi Djemma, pagi tadi.

Baca Juga: Tindak Lanjut MoU, KALLA dan Pemkot Makassar Bahas Konsep Desain Revitalisasi Taman Hasanuddin

Dia menyebut banyak rangkaian kegiatan sebagai peringatan hari jadi ini. Seperti bakti sosial berupa donor darah, pengobatan gratis, pemberian bantuan kepada masyarakat, pembersihan lingkungan termasuk kanal, penanaman pohon dan lainnya.

Itu semua bertujuan untuk memupuk kekompakan dan komunikasi kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan humanis dan lingkungan ini.

“Ini bukti bahwa TNI hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan kontribusinya,” ucapnya.

Kanal dipilih lantaran mengingat musim hujan yang sudah dekat. Biasanya banyak tumpukan sampah di kanal sehingga harus diangkut agar tidak menyumbat aliran air.

Baca Juga: Pemkot Makassar Siap Fasilitasi Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan OJK di Tugu MNEK

Dia berharap Kota Makassar makin indah, dan masyarakat menjadi sehat. Maju dari aspek kebersihan, dan peduli terhadap lingkungannya sendiri.

Camat Mamajang Andi Irdan Pandita juga mengapresiasi kegiatan bersih-bersih lingkungan itu.

Dia mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan juga kanal tersebut.

“Mari bersama membersihkan kanal agar tidak tersumbat. Jadikan momentum ini untuk menjaga alam agar terhindar dari banjir,” ajaknya.

Karya bakti berlangsung sekira pukul 7.30 WITA hingga pukul 08.00 lebih.

Belasan truk sampah, Viar roda tiga juga dilibatkan mengangkut sampah-sampah dari kanal itu.

Di antaranya, sampah plastik, botol air mineral plastik, bungkusan cemilan, potongan kayu dan sebagainya.

Mereka bahu-membahu mengambil sampah yang berserakan. Dengan kantong plastik dan karung petugas kebersihan juga TNI dan kepolisian mengevakuasi sampah satu-persatu.

Alhasil dengan gorong-royong kanal sepanjang puluhan meter tersebut bersih dari sampah. (*)

Exit mobile version