Menikmati Makanan Khas Warga Pulau Lambego Selayar, Maknyus!

Citizen Report: Fadly Syarif

SELAYAR, NEWSURBAN.ID – Tak hanya memiliki panorama pantai yang indah, Pulau Lambego juga punya menu makanan khas yang enak. Sungguh maknyus (enak dan nikmat).

Pulau Lambego, merupakan satu dari tiga wilayah desa pesisir Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Bentangan laut mengapit pulau ini. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai sangat indah.

Baca Juga: Kunjungi Desa Pesisir, Wabup Selayar Eksplorasi Wisata Pasir Putih Pantai Lambego

Wilayah desa yang-didiami oleh kurang lebih 115 kepala keluarga (KK) tersebut juga kaya akan keragaman makanan khas sampai kue tradisional. Menu makanan khas Pulau Lambego, Selayar ini, sangat nikmat.

Kasoami, Kepiting Potato, Fako Fako, merupakan makanan khas tradisional yang tergolong langka, unik. Makanan ini, dan sulit Anda jumpai di pelosok nusantara.

Fako Fako, Kasoami, hingga menu olahan Kima dan Ikan mentah yang-dikombinasikan dengan lawara (lawa) atau urap, sangat enak. Menu makanan khas ini, hanya bisa-dijumpai dalam kehidupan suku Buton, salah satu suku yang tinggal mendiami Pulau Lambego dan beberapa desa pesisir di wilayah kecamatan Pulau, Kabupaten Selayar.

Baca Juga: Kembalikan Kejayaan Jeruk Selayar, Gubernur Andi Sudirman Tanam Bibit Jeruk Keprok yang ke-100 Ribu

Selain fako fako, warga pesisir Pulau Lambego juga terkenal mahir dan piawai meracik kima serta ikan mentah sebagai bahan santapan tradisional.


Kima dan ikan mentah biasanya dikombinasikan dengan lawara dan atau lawa, salah satu makanan khas suku Sulawesi.

Suguhan buroncong gula merah, pisang goreng, dan sejumlah kue tradisional lainnya. Menu-menu ini,dihidangkan sebagai menu penutup acara jamuan keluarga ataupun tamu tamu luar daerah. (*)

Exit mobile version