KALLA Rayakan 73 Tahun: Perkuat ESG dan Ekspansi Bisnis ke Sektor Healthcare

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Memasuki usia ke-73 tahun, KALLA terus menunjukkan konsistensinya dalam mengembangkan portofolio bisnis di berbagai sektor, mulai dari properti, energi, transportasi, hingga industri terbaru tahun ini: healthcare. Di usia yang semakin matang, KALLA juga memperkuat fokus terhadap penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai fondasi keberlanjutan perusahaan.

Puncak perayaan HUT ke-73 KALLA ditandai dengan pelaksanaan Townhall Meeting bersama seluruh karyawan, yang digelar di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Jumat (24/10/2025). Acara tahunan ini menjadi momen penting bagi CEO KALLA, Solihin Jusuf Kalla, untuk memaparkan kondisi bisnis dan arah strategis perusahaan ke depan.

Dalam pemaparannya, Solihin mengungkapkan sejumlah proyek baru yang menjadi tonggak penting di usia 73 tahun KALLA. Salah satunya adalah ekspansi ke sektor healthcare melalui pengelolaan manajemen RS Faisal yang resmi bergabung dalam portofolio bisnis KALLA pada September 2025.

“Kedua adalah Mal Ratu Indah 2, di mana progres perobohan Hotel Sahid saat ini terus berjalan. November nanti, Insya Allah kita mencapai Commercial Operation Date (COD) untuk proyek Kerinci Merangin Hidro dengan kapasitas 480 Mega Watt, yang akan semakin banyak menerangi Sumatera,” ungkap Solihin.

Ia juga menyoroti bahwa tahun 2025 menjadi periode yang penuh tantangan bagi sejumlah industri. Namun demikian, bisnis transportasi dan healthcare justru menunjukkan tren pertumbuhan positif.

“RS Faisal akan bertransformasi menjadi rumah sakit modern dengan peningkatan signifikan dari sisi rating dan pasar. Begitu pula di sektor transportasi, kami mengapresiasi kinerja Kalla Translog yang berhasil memanfaatkan momentum pertumbuhan di 2025,” ujarnya.

Fokus pada ESG sebagai Fondasi Keberlanjutan

Lebih lanjut, Solihin menegaskan bahwa ESG kini menjadi prioritas utama KALLA. Penerapan prinsip ESG diformulasikan dalam kebijakan dan aturan dasar perusahaan agar menjadi bagian dari sistem tata kelola yang berkelanjutan.

“ESG menjadi fokus utama. Saya selalu tekankan bahwa sudah saatnya KALLA menerapkannya secara menyeluruh, karena ESG adalah standar penilaian bagi perusahaan bonafide di mata dunia,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Corporate Communication & Sustainability Department Head KALLA, Nadya Tyagita. Menurutnya, periode 2024–2025 menjadi baseline year atau fase perancangan fondasi ESG bagi seluruh unit bisnis KALLA.

“Kami menata aspek lingkungan dengan fokus pada efisiensi energi, pengelolaan limbah, serta pencegahan polusi dari aktivitas bisnis. Sementara pada aspek sosial, kami mengatur interaksi internal dan eksternal perusahaan, termasuk kesehatan dan keselamatan kerja, hubungan pelanggan, dan kontribusi terhadap masyarakat,” jelas Nadya.

Pada aspek governance, KALLA memperkuat transparansi dan akuntabilitas manajemen melalui peluncuran website Whistle Blowing System (WBS) di laman wbs.kalla.co.id, yang resmi diperkenalkan dalam Townhall Meeting 2025. Inisiatif ini menjadi langkah penting dalam membangun budaya integritas di lingkungan perusahaan.

Apresiasi dan Kebersamaan di Usia ke-73 Tahun

Selain menjadi ajang pemaparan strategi bisnis, Townhall Meeting juga menjadi momen interaktif bagi karyawan melalui sesi “Ask Presdir”, di mana mereka dapat langsung bertanya kepada CEO KALLA. Suasana hangat dan penuh humor selalu mewarnai sesi ini, mencerminkan kedekatan pimpinan dan karyawan.

Tradisi tahunan lain yang dinantikan adalah pengumuman Best Employee 2024, di mana 15 karyawan terpilih akan diberangkatkan umrah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kinerja terbaik mereka.

Sebagai penutup rangkaian perayaan HUT ke-73, KALLA menggelar “Ruang Keluarga” di Rooftop NIPAH Park, Sabtu (25/10/2025). Acara ini menjadi ajang silaturahmi keluarga besar KALLA, menghadirkan berbagai hiburan, tenant kuliner, serta penampilan istimewa dari Moluccan Soul dan Juang Manyala.

Sebelumnya, rangkaian HUT KALLA telah diisi dengan beragam kegiatan seperti Olimpiade Kalla, Kalla Got Talent, Kalla Youth Fest, Kalla Run, serta kajian dan doa bersama. Tak ketinggalan, Mini Photo Exhibition di Lobby Wisma Kalla yang berlangsung pada 24 Oktober–7 November 2025 turut memeriahkan perayaan, menampilkan 73 foto perjalanan KALLA dari masa ke masa — mulai dari momen Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla membeli 10 unit Toyota pertama di Jepang, hingga Groundbreaking RS Faisal yang menjadi simbol ekspansi bisnis terbaru KALLA.

 

Exit mobile version