Perkokoh Eksistensi, Bupati Adnan Dorong Revitalisasi dalam Gerakan Pramuka

Lantik Langsung Pimpinan Saka Pramuka

GOWA, NEWSURBAN.ID –Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa menginginkan adanya revitalisasi gerakan Pramuka, khususnya pada gerakan Pramuka di Kabupaten Gowa.

Hal ini katanya, agar meningkatkan peran, fungsi dan tugas gerakan Pramuka melalui pemberdayaan secara sistematis. Terencana dan berkelanjutan serta memperkokoh eksistensi gerakan Pramuka.

“Kondisi saat ini mengharuskan kita mengikuti perkembangan zaman, karena tidak ada kemajuan di negara ini jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan zaman. Begitupun dalam gerakan Pramuka yang bisa menyesuaikan dengan generasi millenial, generasi Z dan Post Gen Z,” ungkapnya di sela-sela Pelantikan dan Orientasi Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Tingkat Cabang Se-Kwartir Cabang Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (22/12/21).

Baca juga: Bupati Adnan Berbagi Pengalaman Karier Bersama Puluhan Mahasiswa Berbagai Perguruan Tinggi

Salah satu yang bisa dilakukan yakni melalui Satuan Karya (Saka) Pramuka yang merupakan wadah untuk pengembangan dan peningkatan pengetahuan, keterampilan tertentu serta wadah pengembangan karya nyata Pramuka sebagai pengabdian, serta membangun masyarakat.

“Hari ini kita melantik pemimpin SAKA. Di mana kita sengaja mengambil pimpinan SKPD sebagai ketua agar program di Kwarcab Gowa bisa menjalankan dengan baik dan mampu membuat perencanaan yang jelas,” tambahnya.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan, sasaran adanya revitalisasi ini. Yaitu meningkatkan kuantitas dan kualitas pelatih dan pembina Pramuka. Semakin antusiasnya peserta didik mengikuti pendidikan kepramukaan dan semakin aktifnya Pamong dan Instruktur Saka melakukan pembinaan dan pelatihan.

Baca juga: Pemilihan Duta Wisata Gowa 2021, Nurmansyah Bersyukur Raih Runner Up Dua

“Dengan kuantitas dan kualitasnya ini, kita bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota di Sulsel. Begitupun dengan antusias peserta didik. Di mana kita akan mendorong Dinas Pendidikan untuk mewajibkan mengikuti pendidikan kepramukaan,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, setelah pelantikan pemimpin Saka ini, sepuluh Saka yang ada di Gowa dapat diaktifkan kembali. Dengan melakukan penguatan pemahaman majelis pembimbing dan pimpinan Saka, melakukan orientasi dan pelatihan hingga pelatihan kursus bagi instruktur Saka.

Adapun Saka yang ada di Kabupaten Gowa yakni Saka Bhayangkara (Polres), Saka Wirakartika (Dandim), Saka Bhakti Husada (Dinas Kesehatan), Saka Kencana (Dinas PPKB), Saka Wanabakti, Saka Taruna Bumi (Dinas Pertanian), Saka Kalpataru (Dinas Lingkungan Hidup), Saka Widya Budaya Bakti (Dinas Pendidikan), Saka Pariwisata (Dinas Pariwisata), dan Saka Bahari (Dinas Perikanan dan Kelautan). (NH/*)

Exit mobile version