Harap Perayaan Nataru Berjalan Aman, Bupati Gowa Pimpin Apel Operasi Lilin

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 Polres Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Kamis (23/12). Operasi Lilin 2021 Polres Gowa dalam rangka Natal dan Tahun Baru.

Bupati Adnan mengatakan perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

“Peningkatan aktivitas masyarakat terhadap perayaan Nataru. Tentu banyak berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan berlangsung 10 hari kedepan yakni mulai 24 Desember – 2 Januari 2022,” ungkapnya.

Baca Juga: Sinergitas Tiga Pilar Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Gowa

Pelaksanaan Operasi Lilin ini kata Adnan, akan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

“Intinya kami Forkopimda ingin Nataru bisa berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Saudara-saudara kita yang merayakan natal juga bisa merayakannya dengan tenang, damai, aman bersama dengan keluarga. Namun, tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” tambah orang nomor satu di Gowa itu.

Selain itu, Adnan menegaskan selama Nataru tidak ada yang namanya pengetatan, tetapi tetap ada pembatasan. Sehingga pada perayaan tersebut tidak menjadi cluster baru Covid-19 di Gowa yang akhir-akhir ini telah mengalami pelandaian.

Baca Juga: Percepat Cakupan Vaksinasi 70 Persen, Pemkab Gowa Perluas Target dan Titik Vaksin

“Terkait tempat wisata dan lainnya pengetatan tidak ada tapi pembatasan tetap kita lakukan seperti membatasi pengunjung 50 persen. Sehingga, hari ini kita melaksanakan apel untuk memastikan kesiapan seluruh personil. Baik dari Polres, TNI maupun seluruh pihak terkait untuk bersama-sama kompak dalam membingkai kebersamaan. Untuk menjaga keamanan situasi Kamtibmas yang ada di wilayah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Sementara Kapolres Gowa, AKBP Tri Gofaruddin mengatakan, jumlah personil yang ia turunkan yakni sebanyak 305 orang. Terdiri dari 200 orang personil Polres Gowa, 105 orang personil gabungan yang terdiri dari Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan. Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Sentra Komunikasi Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gandeng AMCF Bangun Rumah Duafa untuk Warga Pattallassang

“Kami siap mengamankan operasi lilin ini bersama personil yang ada, khususnya di sekitar titik yang ada gereja dan pusat keramaian. Mudah-mudahan semua bisa berjalan lancar dan diimbau semuanya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Pada apel tersebut, hadir Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni dan jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa. Pada kesempatan itu, Bupati Adnan memasangkan pita atribut personil secara simbolis kepada perwakilan personil pengamanan. (nh/*)

↑
Exit mobile version