Wawali Reny Umumkan 9 Orang Terkonfirmasi Positif Covid Varian Omicron di Kota Palu

Dua Diantaranya Anak Sekolah Dasar

PALU, NEWSURBAN.ID — Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido, mengumumkan 9 warga di Kota Palu terkonfirmasi positif Covid Varian Omicron. Sementara 10 warga lainnya dari daerah lain di Sulawesi Tengah.

Ia menyampaikan temuan kasus baru itu, saat melakukan konferensi pers Covid-19 di Kota Palu di ruang rapat Bappeda Kantor Wali Kota Palu, Rabu (9/2).

Dalam paparannya, Wakil Wali Kota Palu menyebut bahwa berdasarkan hasil tes pemeriksaan-ditemukan ada 19 orang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron dari seluruh Provinsi Sulawesi Tengah.

Dari 19 orang tersebut, terdata di Kota Palu sebanyak 14 orang. Namun, baru 9 orang di antaranya di pastikan merupakan masyarakat Palu. Sementara sisanya merupakan pasien yang di rawat di rumah sakit di Kota Palu dan masih belum-diketahui domisilinya.

Ia mengungkapkan bahwa di SD Inpres 6 Lolu sudah ada dua orang yang terpapar Covid-19. Sehingga, berdasarkan hasil rapatnya bersama Wali Kota dan pihak terkait akan melakukan suatu tindak lanjut terhadap sekolah tersebut.

Sementara itu, katanya di RSUD Anutapura Palu saat ini dari 77 tempat tidur yang disiapkan untuk pasien Covid-19, sudah terisi lima orang.

Program Vaksinasi

Menurut Wakil Wali Kota, langkah-langkah Pemerintah Kota Palu dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini yaitu pemberian vaksinasi. Di mana saat ini, vaksinasi pertama sudah mencapai 95,73% dan vaksin kedua 66,36%.

“Sayangnya untuk Lansia baru sekitar 45%, masih rendah sekali. Kita harus menggenjot vaksinasi bagi Lansia,” katanya.

Selain itu, upaya lain yang-dilakukan adalah pengetatan terhadap Protokol Kesehatan. Pertama wajib menggunakan masker-dimanapun berada demi keamanan diri sendiri dan orang lain.

Kemudian, mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun dalam waktu 20 detik, supaya menjamin kuman dan virus akan mati. Atau menggunakan hand sanitizer setiap saat.

“Kemudian jaga jarak minimal 1 – 1,5 meter. Karena Omicron penularannya sangat cepat, empat lali lebih cepat dari virus Delta. Selanjutnya mengurangi mobilisasi, kalau tidak penting mending di rumah,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Reny mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dan takut. Namun, harus tetap waspada terhadap Covid-19 terutama varian Omicron dengan menjaga diri dan selalu melakukan Protokol Kesehatan. (ysf)

↑
Exit mobile version