Respons Tawaran Kerja Sama, Wagub Ma’mun Amir Beberkan Kekayaan Alam Sulteng ke Kedubes Malaysia

PALU, NEWSURBAN.ID — Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Ma’mun Amir kekayaan alam Sulteng kepada pemerintah Malaysia. Mulai dari pertanian, tambang, kekayaan laut hingga pariwisata yang ada di Sulawesi Tengah.

Hal itu, ia sampaikan saat mewakili Gubernur Sulteng menerima kunjungan rombongan Kedutaan Besar Malaysia ke Sulawesi Tengah, Jumat (11/2). Wagub menerima tamu utusan Pemerintah Diraja Malaysia itu di ruang kerjanya, di dampingi Kasatpol PP Moh. Nizam, Kepala Dinas Sosial St. Hasbiah N. Zaenong, Kadis PMPTSP Mohamad Rifani, Karo Perekonomian Yuniarto Pasman, serta pejabat terkait lainnya.

Sementara pihak Malaysia dalam hal ini, Sekretaris Pertama Kedubes Malaysia Ammil Afiq Bin Jasim datang bersama Penolong Pengarah Jabatan Perdana Menteri Khairul Amri Kamarudin dan Nur Najwa Hasrudin bersama rombongan lainnya.

Baca Juga: Pimpin Rapat TEPRA APBD Sulteng 2021, Ini Penekanan Wagub Mamun Amir

Menurut Ammil Afiq Bin Jasim tujuan kunjungannya untuk menjalin hubungan silaturahmi. Serta sharing pikiran antara Malaysia dan Indonesia. Sekaligus melihat secara dekat pembangunan di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu, Sigi, Donggala. Dan, Parigi Moutong pasca di landa bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018.

Dirinya mengapresiasi atas perkembangan pembangunan di Sulawesi Tengah.

Menurutnya pasca gempa dan tsunami, beberapa perusahaan dari Malaysia seperti Astro, serta yayasan BUMN turut mengambil bagian. Dan memberikan sumbangan guna pembangunan masjid dan sekolah sebanyak 5 juta ringgit.

Lebih lanjut, Ammil Afiq Bin Jasim menyampaikan kedatangannya guna menjalin hubungan kerjasama. Antara Malaysia dan Indonesia termasuk potensi dan komoditas serta peluang investasi di Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Pertemuan dengan BPK, Wagub Mamun Amir Sampaikan Komitmen Pemprov Sulteng Benahi Tata Kelola Keuangan

Dirinya menilai Provinsi Sulawesi Tengah, memiliki hasil pertambangan. Demikian pula hasil bumi yang bagus, baik dari segi pertanian dan perkebunan.

Sementara, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Ma’mun Amir di dampingi para kepala OPD menyambut hangat kedatangan Kedutaan Besar Malaysia beserta rombongan. Wagub juga menyambut baik rencana kerjasama antara Kedubes Malaysia-Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepada tamunya, Wagub juga menyampaikan salam dari Gubernur Sulawesi Tengah yang sebetulnya ingin ketemu secara langsung dengan rombongan kedutaan besar Malaysia. Akan tetapi sedang menjalankan tugas kedinasan di luar daerah.

Baca Juga: Wagub Sulteng Jamu Rombongan Wagub Gorontalo di Bukit Doda

Menurut Wakil Gubernur, kekayaan alam Sulteng cukup melimpah. Mulai komoditas sektor, pertambangan, perkebunan, pariwisata dan sektor lainnya.

Untuk sektor pertambangan, Sulawesi Tengah memiliki aneka jenis hasil pertambangan yang tidak di miliki oleh daerah lain. sektor perkebunan Sulawesi Tengah memiliki aneka komoditas unggulan misalnya durian montong, pisang dan lain sebagainya.

Untuk sektor pariwisata, Sulawesi Tengah memiliki aneka objek wisata yang layak di kunjungi.

“Misalnya, kawasan bukit doda yang memiliki panorama alam sangat indah. Lokasinya berada di atas ketinggian. Sehingga Kota Palu tampak jelas terlihat,” jelas Wakil Gubernur. (hms/ysf)

↑
Exit mobile version