Bendung Makawa Optimal Aliri 803 Hektare Pasca Direhab Andi Sudirman

LUWU, NEWSURBAN.ID — Bendung Makawa di Kabupaten Luwu kembali optimal mengairi 803 hektare sawah warga. Itu setelah Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melakukan renovasi.

Hal itu sejalan dengan kebijakan Andi Sudirman yang masih mempfokuskan pembangunan infrastruktur, salah satunya infrastruktur pertanian. Mengingat wilayah Sulawesi Selatan kaya akan hasil pertanian, bahkan sebagai lumbung pangan Nasional.

Tahun 2021, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Sumber Daya Air (SDA) PUTR telah melakukan pengerjaan rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Makawa, di Desa Buntu Awo, Desa Bosso Timur, Kelurahan Bosso, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Ungkap Sudah Kucurkan Dana Rp 775 Miliar untuk Luwu Raya

Pengerjaan irigasi ini, mendukung jaringan aliran pada Bendung-Makawa. Bendung ini, sebelumnya tidak berfungsi maksimal, karena tingkat kehilangan air yang masih cukup besar.

Olehnya itu, pada tahun 2019 rehab bendung ini menjadi fokus Andi Sudirman sejak dirinya masih menjabat sebagai Wakil Gubernur. Apalagi Bendung Makawa ini memiliki total luas areal 2.600 hektare dengan luas potensional 821 ha pada saat ini.

Pada tahun 2019 lalu, untuk pembenahan bendung Makawa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menganggarkan senilai Rp 8,2 Miliar. Sementara tahun 2021, kembali di kerjakan untuk fungsional alirannya pada DI Makawa senilai Rp 9,7 Miliar.

“Alhamdulillah, tahun 2021 kita sudah kerjakan untuk rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Makawa. Tentu ini dilakukan untuk masyarakat,” ungkap Andi Sudirman, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: Arsyad Kasmar Ketum KKLR, Andi Sudirman: Wujudkan Luwu Raya Bersinergi

Pasca rehabilitasi, D.I Makawa kini telah mengairi 803 hektar sawah milik warga di Desa Buntu Awo, Desa Bosso Timur, Desa Bolong dan Desa Marabuana, Kelurahan Bosso, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu.

“Kita tentu senang dengan rehab ini, karena mengoptimalkan aliran pada bendung Makawa untuk lahan pertanian warga,” ujarnya.

Sebelumnya, Andi Sudirman telah mengunjungi Bendung itu, menghadiri undangan warga sebagai bentuk apresiasi setelah Bendung Makawa berfungsi pada 2020 lalu. (cr/*)

Exit mobile version