Andi Sudirman Resmikan Sejumlah Proyek Irigasi Sidrap, Aliri 512 Hektare Sawah

SIDRAP, NEWSURBAN.ID — Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan irigasi Sidrap. Andi Sudirman juga meresmikan sejumlah proyek pembangunan tahun 2021 lainnya di Kabupaten Sidrap.

Andi Sudirman meresmikan sejumla proyek itu, pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka 678 Tahun Kabupaten Sidrap, Jum’at (18/2).

Proyek itu, antara lain rehabilitasi jaringan irigasi Tallumae yang berada di Desa Tallumae, Kecamatan Wattang Sidenreng. Kemudian irigasi Simae yang berada di Kelurahan Lalabata, Kecamatan Panca Rijang. Dan, irigasi Bina Baru yang terletak di Desa Bina Baru, Kecamatan Kulo.

Bupati Sidrap, Dollah Mando mengatakan, rasa terima kasih atas perhatian Plt. Gubernur Sulsel terhadap pembangunan di daerah yang di sebut Bumi Nene’ Mallomo.

“Alhamdulillah, terima kasih atas perhatian bapak Plt Gubernur Sulsel terhadap pembangunan infrastruktur baik dari APBD Provinsi maupun bantuan keuangan daerah. Untuk pembangunan jalan, jembatan dan irigasi,” kata Dollah Mando.

Apalagi, ketiga irigasi dari bantuan keuangan tersebut, telah progres 100% dan telah di nikmati oleh masyarakat. Dengan potensi aliran seluas 512 hektare sawah.

Dengan bertambahnya areal potensi aliran, maka akan meningkatkan masa panen bagi petani, di mana sebelumnya satu kali panen setahun, kini berpotensi petani melakukan dua kali panen. Yang tentunya berdampak pada produktivitas hasil pertanian maupun perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun ini kami juga mendapat bantuan keuangan kurang lebih Rp 6 miliar, diperuntukkan untuk jalan, jembatan dan irigasi,” ungkapnya.

Petani Sidrap Sudah Menikmati

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman merasa senang atas upaya Pemkab Sidrap dalam menyerap bantuan keuangan Provinsi.

“Alhamdulillah, rehab terhadap tiga irigasi di Sidrap dari bantuan keuangan tahun 2021, telah selesai dan telah mengairi 512 hektare sawah. Dan kini sudah di nikmati oleh masyarakat setempat,” ungkapnya.

Menurutnya hal ini, bersentuhan langsung manfaatnya ke masyarakat. “Hal ini menjado kebutuhan petani. Kita harap dapat meningkatkan produksi pertanian,” katanya.

Selain itu, Andi Sudirman juga menandatangani prasasti tanda peresmian rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Toddang Bojo dan pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Baranti.

Terpisah, salah seorang petani bernama Salman mengatakan, “sangat bagus, dampaknya semua teraliri. Terima kasih kepada bapak Andi Sudirman untuk pembangunan irigasi saat ini, mantap,” akunya sambil mengacungkan jempolnya. (cr/*)

Exit mobile version