Bupati Adnan: Damkar Harus Tingkatkan Kompetensi dan Pahami Transformasi Peran

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tahun 2022 secara virtual di Peaceroom A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Selasa (1/3).

Usai mengikuti Upacara HUT Damkar, Bupati Adnan berharap di usia Ke-103 ini, Damkar terus meningkat kualitas dan kompetensi seluruh personel. Sehingga, mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Apalagi kata Adnan, tugas Damkar saat ini juga semakin kompleks. Tidak hanya berfokus pada pemadaman kebakaran. Tetapi, juga Damkar saat ini, juga sudah bertransformasi menjadi penyelamatan.

Baca Juga: Setahun Pimpin Gowa Periode Kedua, Adnan-Kio Peringati dengan Dzikir dan Doa Bersama

“Karena fungsi Damkar saat ini bukan hanya pihak pemadaman kebakaran. Tetapi fungsinya juga sudah masuk menjadi penyelamatan. Misalnya, menyelematkan manusia dari sarang tawon dan ataupun hewan-hewan lainnya yang di temukan di rumah dan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Gowa, Rostam Razak juga berharap di usia Ke-103 ini Damkar bisa semakin memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Khusus di jajaran Damkar Gowa dirinya kedepan bisa menjalankan tugas dengan baik, disiplin dan terus meningkatkan kompetisi.

“Sehingga kedepan kita terus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, bukan hanya berkaitan dengan kebakaran, tetapi juga pelayanan non kebakaran,” ungkapnya.

Dirinya menyebutkan dalam menjalankan tugas, Pemadam Kebakaran mengenal istilah Panca Dharma. Yaitu Pencegahan dan Pengendalian kebakaran, Pemadaman Kebakaran, Penyelematan, Pemberdayaan Masyarakat dan penanganan bahan berbahaya.

“Jadi inilah ruang lingkup pemadam kebakaran, jadi misalnya penanganan sarang tawon dan ular. Ini, merupakan salah satu bentuk rescue atau penyelamatan, yaitu menyelamatkan manusia dari serangan tawon,” ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Adnan: Pajak Dari Pemerintah Desa Bantu Wujudkan Pembangunan Daerah

Sementara itu, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA saat menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-103 Damkar, berharap menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemadam kebakaran. dan, penyelamatan yang telah menunjukkan dedikasinya dan profesionalismenya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya api dan kondisi darurat. Pemadam Kebakaran telah menunjukkan presentasi yang luar biasa. Penuh komitmen dalam memberikan layanan kedaruratan kepada seluruh warga masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga berharap kedepan seluruh personel pemadam kebakaran dan penyelamatan untuk meningkatkan kompetensi. Sehingga, mampu bekerja semakin profesional.

“Kita harapkan kepada seluruh pemangku kepentingan di pusat dan di daerah. untuk menjadikan pemadam kebakaran dan penyelamatan menjadi perangkat daerah yang profesional, berkemampuan, dan mandiri,” harapnya. (jn/*)

Exit mobile version