23 Tahun Luwu Utara, Gubernur Andi Sudirman Berikan Benih Gratis Unggul Untuk Lahan Pertanian 1000 Hektare

LUTRA, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan benih gratis untuk 1000 hektar lahan pertanian kepada petani di Kabupaten Luwu Utara.

Bantuan benih sebanyak 25.000 kg atau 25 ton yang diserahkan Gubernur Sulsel kepada kelompok tani di acara 23 Tahun Kabupaten Luwu Utara pada Rapat Paripurna DPRD Lutra, Kamis (12/5/2022).

Benih gratis yang diserahkan ini melalui program Mandiri Benih oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertanian Sulsel. Program prioritas ini,diinisiasi langsung oleh Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: Dorong Lutra Jadi Poros Ekonomi Baru Sulsel, Gubernur Sulsel: Luwu Raya Kontributor Terbesar Ekspor

“Kita menyalurkan bantuan benih gratis melalui mandiri benih. Kita melakukan penangkaran di sini (Sulsel), kemudian hasil benihnya kita bagikan gratis kepada petani,” ujarnya.

Dengan di lakukannya penangkaran di Sulsel, maka benih yang-disalurkan meminimalisir penggunaan bahan kimia. Serta benih yang di hasilkan dan di bagikan sesuai dengan kondisi tanah di daerah.

Terkhusus di Luwu Utara, Pemprov Sulsel telah melakukan penangkaran pada lahan seluas 5 hektar. Namun hasil benih yang di salurkan ke petani berkali lipat hingga 1000 hektare.

Baca Juga: PUTR Sulsel Cutting Gunung Tangani Longsor di Lutra, Gubernur: Alhamdulillah, Dapat-Dilewati Kembali

“kabupaten luwu utara menjadi salah satu sasaran dalam program mandiri benih tanaman pangan, khususnya benih tanaman padi. Dengan melibatkan petani penangkar di luwu utara, penangkaran di laksanakan di lahan petani penangkar seluas 5 hektare. Namun benih sebar yang akan di berikan gratis ke petani berkali-kali lipat, seluas seribu hektar lahan pertanian atau 25 ton benih,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur Sulsel juga menyerahkan bantuan pertanian kepada kelompok tani, berupa alat mesin pertanian (alsintan).

Baca Juga: Puluhan Rumah Terendam Banjir dan Tanah Longsor di Luwu, Gubernur Sulsel Kirim Bantuan Logistik

Petani pun merasa senang dengan hadirnya inovasi program yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya di akui oleh petani bernama Alvius Gade mengaku senang dan bersyukur atas bantuan benih unggul yang gratis dari Gubernur Sulsel.

“Kami sangat bersyukur sekali sebagai petani. Atas kepedulian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada kami,” akunya.

Petani lainnya bernama Agus Salim pun merasa senang dengan bantuan alat mesin pertanian dari Pemprov Sulsel. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas bantuan alsintan berupa handtraktorcini karena memudahkan kami sebagai petani untuk menghasilkan produksi yang lebih banyak lagi. Terima kasih pak Gubernur, bapak Andi Sudirman Sulaiman,” bebernya. (cr/*)

Exit mobile version