Kepala Kesbangpol Bulukumba: Mari Dukung Dukung Penyelenggara Pemilu

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Mewakili Bupati, Kepala Kesbangpol Bulukumba Ahmad Arfah membuka kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD tingkat Kabupaten Bulukumba peda pemilu 2024.

Arfan dalam sambutannya mengajak seluruh elemen pemerintahan, khususnya para camat, lurah dan kepala desa untuk mendukung penyelenggara pemilu. Hal itu, sebagai bentuk tanggung jawab menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Pemilu itu, katanya, tanggung jawab terakhirnya adalah Presiden, sehingga seluruh bagian pemerintahan ini bertanggung jawab. Tapi tentu dengan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tekan Angka Inflasi, Pemkab Bulukumba Siapkan Pasar Murah

“Mari dukung penyelenggara Pemilu hingga di tingkat kecamatan dan desa” ujar Arfan Kepala Kesbangpol Bulukumba, kemudian membuka kegiatan uji publik di Ballroom Hotel Agri Bulukumba, Rabu, 14 Desember 2022.

Ketua KPU Bulukumba Kaharuddin menyampaikan bahwa uji publik ini merupakan prosedur setelah adanya rancangan awal, berdasarkan PKPU Nomor 6 tahun 2022 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi.

“Kita buka ruang seluas-luasnya untuk mendapat saran dan masukan. Makanya hari ini kita lakukan uji publik. Saran dan masukan ini akan kita tampung,” jelasnya.

Baca Juga: DP2KBP3A Bulukumba Dorong Kewirausahaan Perempuan

Sekadar di ketahui, KPU Bulukumba mengusulkan dua opsi untuk rancangan awal dapil pemilu 2024. Opsi pertama 4 dapil dan opsi kedua 5 dapil.

Opsi 4 dapil, seperti pada pemilu sebelumnya, yaitu dapil 1 Kecamatan Ujung Bulu, Ujung Loe dan Bonto Bahari. Dapil 2 Kecamatan Gantarang dan Kindang, Dapil 3 Kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale, Dapil 4 Kecamatan Kajang, Herlang dan Bonto Bahari.

Untuk opsi 5 dapil, Kecamatan Bontotiro dan Bonto Bahari bergabung jadi satu dapil. Sehingga opsi kedua ini, perubahan yang terjadi Kajang dan Herlang satu dapil, begitupun Ujung Bulu dan Ujung Loe satu dapil. (*)

Exit mobile version