Resmikan Masjid Raya Watampone Jusuf Kalla: Saya Memilik Banyak Kenangan di Sini

BONE, NEWSURBAN.ID — Akhirnya rehabilitas pembangunan Masjid Raya Watampone yang sudah menelan biaya senilai Rp12,6 miliar di resmikan oleh Ketua Dewan Masnid Indonesia (DMI) HM. Jusuf Kalla, Kamis (15/12/2022).

 

Selain meresmikan pembangunan Masjid Raya Watampone, mantan Wakil Presiden RI juga akan meresmikan kantor PT. Haji Kalla dan mengunjungi SMA Atirah. Serta penyerahan simbolis ke Pemerintah tentang pembangunan jembatan Polewali Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa masjid raya ini adalah salah satu ikon Bone. Yang menjadi kecintaan masyarakat Bone.

Baca Juga: Pulang Kampung, JK Lewat Darat Pesawat Susi Air Alami Kemacetan

“Saya memiliki banyak sejarah di mesjid ini. Saat kecil salat, mengaji dan bermain di sini. Kebetulan rumah jaraknya dekat dari masjid,” ujarnya saat memberi sambutan.

“Kenangan yang tidak bisa ku lupa. Saat itu saya sedang bermain dengan teman-teman saat orang lagi salat isa,” kenang JK.

“Tiba-tiba datanglah seorang penjaga masjid yang bernama Pak Doja langsung menjewer telinga saya,” ungkapnya, sambil tertawa.

Baca Juga: Dana Hibah Pemprov Sulsel Meningkat, Ketua PW DMI Sulsel Apresiasi Gubernur Andi Sudirman

Ia juga meminta maaf karena keterlambatannya tiba di Bone. Ia bilang terlambat, lantaran pesawat yang dia mau tumpangi sedang bermasalah.

“Terpaksa lewat jalur darat sepanjang jalan saya mengamati sudah banyak masjid yang di bangun. Ini menandakan bahwa Bone sudah berkembang dengan keagaamaan. Walau pun jalannya banyak mengalami kerusakan,” ujar  JK lagi.

Mengenai jalan yang rusak Jusuf Kalla pun berjanji akan berkordinasi dengan pihak Kementerian PUPR.

Baca Juga: Wawali Fatmawati Rusdi Ajak BKMM-DMI Kota Makassar Bersinergi dengan Pemerintah

“Insya Allah saya akan coba menghubungi Menteri PUPR menyampaiakn terkait kerusakan jalan yang ada di Bone,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Bone H. Andi Fahsar M. Padjalangi sangat berterima kasih kedatangan Bapak Jususf Kalla yang bisa menyempatkan waktunya untuk pulang kampung sekalian meresmikan pembangunan mesjid raya ini.

“Pernah memang saya mengalami ke khawatiran terkait pembangunan mesjid ini. Selain terkendala dana saat itu juga kita masih dalam kasus pandemi sehingga saya khawatir mesjid ini tidak bisa secepatnya rampung padahal sudah dilakukan pembongkaran,” tuturnya.

Baca Juga: Masjid Akbar Lappariaja Bone Dapat Bantuan Hibah Pemprov Sulsel

Lanjut Andi Fahsar dengan semangat teman teman serta dorongan motivasi kepada Jusuf Kalla beserta Fatimah Kalla ketika ia berkordiansi. Sehingga saya memastikan pembangunan mesjid ini bisa di percepat.

“Alhamdulillah selama setahun lebih akhirnya hari ini mesjid raya ini bisa di resmikan. Dan masyarakat bisa kembali menggunakan mesjid ini dengan baik,” kata Andi Fahsar.

Di ketahui rehabilitas pembangunan masjid raya watampone ini berlantai dua. Yang bisa menampung kapasitas seribu lebih orang dan mendapat dana APBD serta bantuan dana dari Jusuf Kalla dan Wakil Gubernur Sulsel. (fan)

Exit mobile version