Adu Tarik Tambang IKA Unhas Telan Korban Jiwa

# Satu Orang Meninggal Terbentur Pembatas Jalan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Adu tarik tambang IKA Unhas telan korban jiwa, Minggu 18 Desember 2022. Even yang masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) itu melibatkan 5.000 orang.

Peserta adu tarik tambang IKA Unhas yang meninggal kabarnya, terbentur pembatas jalan yang terbuat dari beton. Berdasarkan informasi, sejumlah peserta sempat terlempar.

Saat terlempar, bagian kepala peserta perempuan tersebut terbentur pada beton pembatas jalan di Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara, dua peserta lainnya hanya luka-luka.

Baca Juga: Tarik Tambang IKA Unhas Incar Rekor MURI, Libatkan Lima Ribu Orang

Ketua panitia, Rahmansyah membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, jatuhnya korban jiwa dalam event tersebut di luar perkiraan panitia.

“Ini kejadian di luar harapan dan prediksi kami. Tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Kami sudah meminimalisir segala hal sekaitan dengan kegiatan ini,” ujarnya.

Sebelumnya,diberitakan, kegiatan tarik tambang itu-diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Sulawesi Selatan. Kegiatan ini, dalam rangka memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Pelantikan Pengurus IKA Unhas Sulawesi Selatan yang-diketuai Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, pada 19 Desember di Hotel Four Point by Sheraton. Lomba Tarik Tambang IKA Unhas Sulawesi Selatan terget pecah Rekor MuRI sebagai permainan tradisional yang akan melibatkan 5.000 peserta.

Lomba berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman pada 18 Desember 2022, pukul 06.00 Wita. Peserta akan membentangkan tali dengan panjang 1.540 meter.

Baca Juga: Danny Hadiri IKA Unhas AAS Cup 1 2022: Olahraga Jadi Sarana Silaturahmi Perkuatan Alumni

“Inilah lomba tarik tambang terpanjang di Indonesia dengan panjang tali 1.540 meter dan akan melibatkan 5.000 orang peserta,” kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel Rahmansyah, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan 5.000 peserta merupakan gabungan dari alumni Unhas dan warga Kota Makassar. Mereka di bagi menjadi dua tim, yakni Tim A dan Tim B. Masing-masing tim terdiri lebih dari 2.500 orang.

Kata dia, Tim A titik awalnya berada di Perempatan Jalan Sudirman – Jalan Ahmad Yani. Yakni di depan RSIA Pertiwi.

Sedangkan Tim B depan PT Sangyangseri Jalan Ratulangi ke titik tengah depan RSIA Pertiwi Jalan Jenderal Sudirman. “Yang sudah mendaftar dari masing-masing kecamatan sudah sekitar 6.000 orang. Kami berharap besok para peserta datang tepat waktu, 40 menit sebelum acara,” tuturnya.

Baca Juga: Buka Turnamen Minisoccer IKA Unhas, Adnan: Kini Gowa Jadi Pilihan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Sulawesi Selatan Danny Pomanto menjelaskan Lomba Tarik Tambang adalah jenis olahraga dan kreasi rakyat yang tiap tahun-diadakan di setiap moment peringatan HUT RI.

Danny Pomanto juga mengatakan, Lomba Tarik Tambang sangat di gemari oleh masyarakat hampir di semua titik wilayah di negeri ini, dari Sabang sampai Marauke.

“Lomba Tarik Tambang mengajarkan kita tentang makna dari kekompakan, gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas. Ini merupakan contoh konkret inisiatif untuk menguatkan kolaborasi,” ucap Danny Pomanto.

Rekor tersebut akan di berikan oleh perwakilan dari MuRI kepada Wali Kota Makassar Danny Pomanto selaku Ketua IKA Unhas Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu, Danny Pomanto di dampingi oleh Ketua PP IKA Unhas Amran Sulaiman. Dan di saksikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (*)

Exit mobile version