Gempur Stunting, Parade Motor Distribusi Paket Gizi ke Rumah-rumah Warga

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf melaunching ‘Gempur Stunting’ atau Gerakan Masyarakat untuk Penanganan Urusan Stunting di halaman Kantor Camat Gantarang, Selasa, 27 Desember 2022. Usai launching, ada aksi parade motor mendistribusikan paket gizi ke lokasi sasaran.

Launching ini,dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Bulukumba.

Kadis DP2KBP3A dr Wahyuni mengatakan bahwa parade motor merupakan aksi kolaborasi yang terdiri dari personel TNI, penyuluh KB, serta beberapa mahasiswa.

Baca Juga: Satpol PP Damkar Bulukumba Tertibkan Baliho

“Aksi parade motor ke rumah sasaran dalam mendistribusikan paket gizi yang bersumber dari bapak asuh dan bunda asuh stunting,” katanya.

Wahyuni menjelaskan, sebenarnya mengantarkan paket gizi ke rumah sasaran sudah berjalan selama ini. Hanya saja, baru hari ini di laksanakan aksi kolaborasi secara bersama-sama dalam bentuk parade motor.

“Paket gizi ini kan, harus di distribusikan ke rumah-rumah. Kemudian, nanti ada pembagian jamban,” jelasnya.

Ia menguraikan bahwa gempur stunting merupakan aksi penanganan stunting dan puncak dari tahapan-tahapan program percepatan penurunan stunting. Baik melalui 8 aksi konvergensi di bawah koordinasi Bappelitbangda,Dinkes dan PMD maupun tahapan melalui Rencana Aksi Nasional (RAN PASTI) yang di koordinir oleh BKKBN melalui DP2KBP3A.

Baca Juga: Permainan Kelompok Istri Kades-Lurah di Bulukumba Seru

“Aksi gempur stunting ini juga merupakan aksi dari hasil kegiatan audit kasus stunting, di mana kegiatan ini adalah kegiatan mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa,” jelas Wahyuni.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi aksi gempur stunting tersebut. Hanya saja, Andi Utta sapaannya meminta agar program itu betul-betul berefek dan tepat sasaran.

“Ini inovasi yang sangat bagus. Tapi tolong di kerja bukan di cerita. Harus jelas indikatornya, seperti apa jalannya untuk meminimalkan stunting,” katanya.

Usai melaunching gempur stunting, Bupati Muchtar Ali Yusuf meninjau salah satu Posyandu di Kelurahan Matekko, Kecamatan Gantarang. Ia memotivasi warga untuk sama-sama berkolaborasi demi Bulukumba maju dan sejahtera.

“Kasus stunting harus di kerja bersama,” kata Andi Utta di hadapan puluhan ibu-ibu.

Baca Juga: Dekranasda Bulukumba Gelar Zikir Akhir Tahun

Terakhir, Bupati meresmikan program DAK Sanitasi Septic Tank Individual. Bantuan itu, sebanyak, 50 unit di Kecamatan Gantarang.

“Daerah pesisir harus sehat. Jaga kebersihan, lingkungan dan pantai. Bulukumba destinasi wisata. Tolong kita jaga, jangan buang air di sembarang tempat,” pinta Andi Utta.

Sekadar diketahui, launching gempur stunting juga dihadiri oleh Wabup Andi Edy Manaf sekaligus sebagai Ketua Tim Kabupaten Percepatan Penurunan Stunting. Hadir pula beberapa Kepala OPD, Camat, hingga Kepala Desa.

Di sela-sela launching, Bupati menyerahkan secara simbolis paket sembako, bibit unggul berupa sukun dan mangga. Kemudian penyerahan paket gizi kepada keluarga beresiko stunting, penyerahan bibit sayur, beras, kado pernikahan kepada pasangan calon pengantin, kartu identitas anak dan lainnya. (*)

Exit mobile version