PD IPIM Datangi Ketua DPRD Kota Makassar, Ini yang Dibahas!

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pimpinan Daerah Ittihad Persaudaraan Imam (PD IPIM) Kota Makassar didampingi Pengurus Teras Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Cabang se Kota Makassar.

Guna bersilaturrahmi dengan Ketua DPRD Kota Makassar, Rudiyanto Lallo. Tepatnya, di Baruga Karaeng Matoayya, di jalan Letjen Hertasning. Tujuannya untuk membicarakan keberadaan Imam di Kota Makassar.

Ketua PW IPIM Sulsel, H. Masykur Yusuf memaparkan kondisi Imam di Kota Makassar perlu mendapat perhatian. Katanya, baik tatakelola penempatan, wewenang tugas dan termasuk kesejahteran para Imam.

Masykur Yusuf mengungkapkan sebanyak seribu Imam yang ada di Kota Makassar yang tersebar di masjid-masjid melaksanakan tugas secara penonton.

Baca juga: DPRD dan Pemkot Sepakati APBD-P Makassar 2022 Rp4,6 T

“Hanya memimpin salat berjamaah dan melayani persoalan keagamaan di wilayahnya. Di antaranya mengurus warga yang meninggal, khitanan, hingga urusan pernikahan,” ujarnya.

Di sisi lain tingkat kesejahteraan Imam masih tergolong rendah. Terlebih era kekinian kebutuhan sehari-hari yang begitu mahal sehingga perlu mendapat perhatian.

“Tujuannya, agar para Imam masjid fokus melaksanakan tugasnya dan tidak perlu lagi disibukkan dengan urusan persoalan kebutuhan rumah tangga,” ungkap Masykur.

Setelah mendengar hal itu, Ketua DPRD Makassar, merespon untuk memperhatikan para Imam. Katanya, tugas yang di miliki di tengah masyarakat cukup muliah.

Baca juga: Pemprov Sulsel Buka Audisi Imam Masjid dan Muadzin Masjid Kubah 99 Asmaul Husna

Menurut Rudiyanto Lallo, imam memiliki tugas berat yang siang malam harus bersedia memberi pelayanan terhadap hajat keagamaan umat di Kota Makassar.

“Sejak anak dalam kandungan, urusan lahiran, khitanan, pernikahan syukuran, hingga mengurus jenazah juga Pak Imam. Jadi dapat dikatakan kehadiran Imam sangat urgen di tengah masyarakat. Tugas Imam mulai kelahiran sampai urusan jenazah umat menjadi tanggung jawab para Imam,” tandasnya.

Adapun PW IPIM yang hadir dalam pertemuan ini. Antara lain Ketua, Sekretaris, Bendahaea dan beberapa pengurus harian. Sementara dari PD IPIM Kota Makassar di wakili oleh Sekretaris, H. Ambo Sakka Ambo. (*)

Exit mobile version