Kabel Optik Dirusak OTK, Jaringan Internet Putus, Pelayannan Publik OPD Pemkot Palu Terhambat

PALU, NEWSURBAN.ID — Pelayanan publik di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota Palu terganggu tiga hari terakhir. Pemicunya, kabel optik dirusak OTK sehingga jaringan internet putus di sejumlah kantor OPD.

Jaringan kabel optik dirusak OTK (orang-tak-dikenal) itu, menghubungkan layanan internet ke sejumlah OPD lingkup Pemkot Palu. Aksi yang tak OTK itu, membuat kantor sejumlah OPD tidak bisa menggunakan internet untuk pelayanan publik.

“Ini lantaran kabel optik jaringan internet menuju OPD sengaja di putus orang-tidak-dikenal, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Palu, Usman, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Gebyar PAUD Kota Palu 2023 Di harap Lebih Baik dari Tahun Lalu

Ia mengatakan, titik jalur internet yang terputus itu, berada di Jl. Sutomo dan Thamrin tepatnya di lertigaan J Thamrin dan Jl. Slamet Riyadi, serta Jl. Monginsidi dan Jl. Sulawesi, di ujung SMPN 2 Palu.

Kemudian satu titik di Perempatan Jl Sutomo dan Jl Suprapto – Jl Sedap Malam.

“Kabel optik ada yang sabotase. Menyebabkan pelayanan publik menggunakan jalur bandwidth di beberapa OPD, Kantor Camat dan Kelurahan tidak bisa digunakan,” ungkap Usman, Kamis.

Menurutnya, pemutusan kabel optik jaringan inter ini kemungkinan terjadi sejak Senin 9 Januari 2023. Namun dampaknya baru ketahuan pada Selasa 10 Januari karena sejumlah OPD mengaku tidak bisa mengakses internet.

“Tiga hari lalu, sejak hari Senin dan hari Selasa baru ketahuan karena kita pantau ada yang indikator merah,” sebutnya.

Baca Juga: Temui Menteri ATR/BPN, Gubernur Rusdy Mastura dan Wali Kota Palu Sampaikan Sejumlah Masalah Pertanahan di Sulteng

Pihaknya jelas Usman masih akan menelusuri titk-titik kerusakan lain. Karena kemungkinan besar hal itu tidak cuma terjadi pada titik yang telah di temukan.

“Ini bukan cuma satu, akan kami telusuri secepatnya,” sebut Usman.

Bersamaan dengan itu Dinas Kominfo juga akan segera melakukan perbaikan terhadap kerusakan itu mengingat pelayan publik menggunakan bandwidth ini terganggu.

“Karena ini untuk pelayanan publik. Kamis, Dinas Kominfo dan penyedia jasa akan segera koordinasi untuk perbaikan. Mudah-mudahan satu Minggu kedepan akan kita upayakan baik,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version