Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba Akan Dihadiri Jokowi

MEDAN, NEWSURBAN.ID — F1 Powerboat (F1H2O) World Championship 2023 atau Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 24-26 Februari mendatang. F1 Powerboat Danau Toba akan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Untuk pengamanan, Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak mengaku telah mempersiapkan pengawalan.

Dia merencanakan akan menurunkan 1.335 personel polisi untuk bertugas di beberapa lokasi event F1H2O termasuk pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo.

Dia menjelaskan, pengawalan mulai dari kedatangan logistik F1 Poweboat atau F1H2O di Pelabuhan Belawan sebanyak 18 kontainer. Sampai pengirimannya ke lokasi balapan.

“Selambatnya sudah tiba dua pekan sebelum event dimulai. Polda Sumut dan TNI akan menggelar operasi mandiri selama 11 hari, sejak 19 Februari-1 Maret 2023,” kata Panca Putra.

Baca Juga: Ketinting Race Meriahkan HUT ke 353 Sulsel

Selain personil Polda, Pangdam I/BB Mayjend TNI Achmad Daniel Cardin juga akan mengerahkan 7.520 personel. Untuk pengamanan kedatangan Presiden RI Jokowi juga akan ada penambahan sekitar 1.936 personel.

Achmad Daniel berharap perencanaan ini sudah dia dapatkan sejak awal. Termasuk, titik mana saja pengamanan. Sehingga pengamanan bis siap sesuai rencana. “Kita perlu terus berkomunikasi,” ucap Daniel.

Daniel mengatakan, pengamanan ketat perlu di sekitar lokasi balapan untuk mengantisipasi kecelakaan saat balapan. Sebab kondisi medannya berbeda saat balapan di laut.

“Perlu ada antisipasi. Mengingat balap ini di danau dan air tawar, kemungkinan tenggelam lebih cepat dari di laut. Kita siapkan kapal super cepat untuk langkah antisipasinya,” ujarnya.

Baca Juga: Lokasi Lomba Ketinting Race HUT Sulsel di CPI-Lego Lego

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan event tersebut menghadirkan peserta dari berbagai negara.

Gubernur juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba agar menata kawasan di sekitar lokasi seperti pasar dan para pedagang agar terlihat lebih baik.

Ia juga minta untuk menciptakan kesan Sumut sangat baik menyambut tamu. Untuk itu, kata dia akses para peserta maupun wisatawan yang akan berlabuh di Pelabuhan Belawan maupun mendarat di Bandara Kualanamu atau Silangit jadi perhatian. (cn-nd)

Exit mobile version