Anggota Pakandatto Imbau Warga Disiplin Buang Sampah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Memaksimalkan kebersihan, Anggota Pakandatto (Pasukan Penindakan Anti Kotor) terus aktif memantau 153 kelurahan.

Salah satu anggota Pakandatto adalah menegur warga yang buang sampah di depan rumah mereka. Yang tidak sesuai dengan jadwal penjemputan truk sampah.

Hari ini, Kordinator Pakandatto Kecamatan (Korcam) Makassar, Adityo Aji Saputra, bersama Pendamping Pakandatto dari Tata Pemerintahan Kota Makassar kembali menegur sejumlah warga di Kelurahan Lariangbangi Kecamatan Makassar yang kedapatan tidak disiplin membuang sampah, Selasa (31/01/2023).

“Jadwal penjemputan sampah di Jalan Poros Latimojong itu Pukul 17.30 Wita. Sementara baru sekitar Pukul 16.20 Wita warga sudah mengeluarkan sampah di depan rumah,” ujar Adityo Aji Saputra.

Baca Juga: Gramedia Mall Store Sasar Makassar, Danny: Tingkatkan Minat Baca Anak

Adityo Aji Saputra lantas mengingatkan kembali agar warga membuang sampah sesuai jadwal penjemputan truk sampah.

“Saya mohon agar bisa membuang sampah pada waktu yang telah ada dari pihak kecamatan. Apabila warga kedapatan membuang sampah bukan pada jam penjemputan maka akan mendapat teguran,” terangnya.

Penerapan jadwal itu, agar masyarakat belajar untuk memelihara kebersihan lingkungan di sekitar pekarangan masing-masing. Juga agar penataan kota Makassar dari sisi kebersihan rumah warga dapat berjalan baik dan maksimal.

Sementara itu, Koordinator Pakandatto Kota Makassar, Muhammad Akil Djamaluddin, menjelaskan telah menempatkan sebanyak 153 anggota Pakkandatto di setiap kelurahan. Tim ini, memantau kedisiplinan buang sampah masyarakat.

“Anggota Pakandatto 153 se-kota Makassar harus memberikan laporan setiap hari, pagi dan sore. Di buktikan dengan foto-foto di lapangan,” tutur dia.

Baca Juga: Wujudkan Makassar Tidak Rantasa, Danny Pomanto Minta Laporan Pakandatto Langsung Direspons

Akil Djamaluddin pun mengajak masyarakat agar mau bekerja sama menjaga kebersihan kota Makassar. Sehingga maksimalisasi penataan kota Makassar dari sisi kebersihan dapat terwujud.

“Kami mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan. Karena Makassar bisa bersih kalau masyarakat bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk tidak membuang sampah sembarangan tempat,” terangnya, Rabu (1/02/2023).

Sebagai informasi, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto membentuk Anggota Pakandatto pada Oktober 2022 Lalu. Tugasnya, memaksimalkan kinerja petugas kebersihan sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan kota Makassar.

Selain itu, kata Akil Djamaluddin, Pakandatto turut memantau beberapa hal di lingkungan warga. Seperti pohon yang bisa menbahayakan warga, material bangunan yang keluar di badan jalan, serta parkir liar yang mengganggu lalu lintas. (*)

Exit mobile version