Groundbreaking Pembangunan RS OJK di CPI, Gubernur: Alhamdulillah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kementerian Kesehatan RI melakukan groundbreaking pembangunan Rumah Sakit atau RS UPT Vertikal, Selasa (31/1/2022). RS ini menangani Otak, Jantung, dan Kanker (OJK). Lokasi pembangunan RS OJK tersebut, di Centre Point Of Indonesia.

Peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan ini, oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di dampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di CPI Makassar, Selasa 31 Januari 2023.

Rumah Sakit ini,diarahkan sebagai pusat pelayanan otak, jantung, dan kanker. Dengan nilai Kontrak Rp 1,4 Triliun untuk pembangunan fisik rumah sakit, yang berasal dari DIPA Sekretariat Ditjen Yankes TA 2022-2024.

Baca Juga: Menkes Dukung Usulan Gubernur Sulsel Untuk Libatkan Nakes Lokal di RS UPT Vertikal Makassar

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa pembangunan rumah ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Kesehatan dan Pemprov Sulsel.

“Alhamdulillah, hari ini telah-dilakukan ground breaking bersama bapak Menteri Kesehatan, pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar, untuk pelayanan otak, jantung, dan kanker senilai Rp 1,4 Triliun,” ungkapnya.

Wujud kerjasama yang dilakukan ini, atas pelibatan Pemprov Sulsel yang menyiapkan hibah lahan di kawasan CPI seluas 60 ribu m2 yang menjadi lokasi pembangunan rumah sakit ini. Lokasinya pun sangat strategis.

Baca Juga: RS UPT Vertikal Makassar Di bangun di CPI, Anggaran Capai Rp2 Triliun

“Ini hasil kerjasama Kementerian Kesehatan bersama Pemprov Sulsel. Pemprov telah menghibahkan tanah di kawasan CPI seluas 60 ribu meter persegi dengan nilai aset berkelas. Dalam perjanjian hibah dan kerjasama itu, Pemprov telah menegaskan minimal 20% SDM dari nakes Provinsi.

Selain itu, pada tahun 2022, Pemprov Sulsel membangun jembatan sebagai akses ke lokasi rumah sakit dengan alokasi Rp15 Miliar. Serta di tahun ini, Pemprov Sulsel akan menangani jalan dan pedestrian kawasan CPI di area menuju RS dengan alokasi Rp 15 Miliar.

“Pemprov juga membangun jembatan akses menuju RS, taman pendukung. Serta tahun ini akan membangun jalan dan pedestrian di kawasan CPI,” tuturnya.

Baca Juga: Andi Sudirman Beri Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel Rp25,5 Miliar ke Luwu

“Dukungan kerjasama Pemprov ini, tidak lain adalah bagaimana pembangunan ini bermanfaat bagi masyarakat banyak. Mohon doa untuk kemudahan dan kelancaran pembangunan, yang insya Allah target selesai pada tahun 2024. Serta dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin berharap, “Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar ini bukan hanya untuk di Makassar, atau di Provinsi Sulawesi Selatan saja. Tapi kita harapkan jadi pusat pelayanan rumah sakit dengan kualitas paling baik untuk Indonesia Timur,” ujarnya. (*)

Exit mobile version