Insiden Jalan Santai PDI-P Sudah 5 Hari Berlalu, Polres Luwu Timur Baru Lakukan Olah TKP

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Kasat Lantas Polres Luwu Timur, IPTU Sarifuddin, mengatakan baru mau melakukan olah TKP adanya insiden jalan santai yang-diselenggarakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kecamatan Tomoni, Luwu Timur.

“Besok, baru kita olah TKP insiden itu. Makasih banyak dinda atas informasinya,” ujarnya saat dihubungi, Rabu 22 Februari 2023.

Jalan santai dilepas langsung oleh Bupati Budiman, selaku ketua PDI-P Luwu Timur, dengan rute star di lapangan Wonorejo Mangkutana dan finish di lapangan Tomoni, Sabtu 18 Februari 2023 lalu.

Insiden kecelakaan itu, sudah terhitung lima hari berlalu baru dilakukan penindakan oleh pihak Polres Luwu Timur, ada apa ya ?

Sarifuddin mengakui baru adanya laporan masuk, sehingga baru akan melakukan penindakan. Namun sebelumnya, lanjut dia, banyak anggota polisi melakukan pengamanan pada saat kegiatan jalan santai tersebut.

Baca juga: PDI-P Lutim Mulai Pasang Kuda-kuda, Golkar Terancam?

“Pada saat kejadian itu, besoknya baru ada laporan kepada lantas bahwa adanya laka tunggal dalam rute jalan santai. Pada saat kejadian puluhan anggota polisi berjaga dan melakukan pengamanan. Kenapa baru besok ada laporannya kepada kami,” kesal Kasat Lantas Polres Luwu Timur ini.

Walaupun begitu, dia akan tuntaskan atas insiden itu dan siapa yang sebenarnya bertanggung jawab atas kejadian itu. “Kami tetapkan tuntaskan hal itu. Tunggu saja hasil setelah besok melakukan olah TKP,” katanya.

Di konfirmasi, Bupati Luwu Timur, Budiman selaku ketua partai PDI-P, sama sekali tidak memberikan tanggapan hal itu.

Baca juga: Kursi Wakil Bupati Luwu Timur Ada di Tangan Budiman ?

Korban diketahui Kqairun Nisa (18) warga asal Wotu, Luwu Timur, kondisi terakhir ini cukup kritis dan belum sadarkan diri karena mengalami benturan bagian kepalanya.

Pelajar masih kelas 3 SMA ini, mendapatkan perawatan di Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Informasi beredar dalam semua video, korban terjatuh di atas mobil pickup.

Dalam video itu, salah satu orang menyebutkan bahwa pintu bak mobil tidak terkunci hingga mengakibatkan terjatuh di jalan. Ada tiga orang yang terjatuh cuman Kqairun Nisa mengalami luka serius hingga dilarikan ke Puskesmas Tomoni.

 

Setelah itu, pihak puskesmas Tomoni tidak bisa menagani hingga melakukan rujukan ke Rumah Sakit I Lagaligo Wotu. Beberapa jam setelah mendapatkan perawatan di ruangan ICU di Rumah Sakit I Lagaligo, baru kembali rujuk ke Rumah sakit Labuang Baji Makassar.

Namun di tengah perjalanannya, tepatnya di Kota Parepare Kqairun Nisa sempat di rawat salah satu rumah sakit parepare. Karena kondisinya cukup menurun. Setelah satu di rawat di Parepare baru kembali-dirujuk ke rumah sakit Labuang Baji.

Terhitung Kqairun Nisa sudah tiga hari dirawat di rumah sakit Labuang Baji. Dalam kondisi kritis dan belum sadarkan diri.

Baca juga: Jalan Santai PDI-P Luwu Timur Terjadi Insiden, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Di beritakan sebelumnya, Sabtu 18 Februari 2023, Ketua Panitia Penyelenggara, Ricky mengatakan kegiatan jalan santai yang-digelar oleh PDI-P, bukan atas kelalaian oleh panitia. “Kalau kecelakaan akibat kelalaian panitia itu tidak ada,” katanya.

Walaupun mengetahui adanya peserta kecelakaan, Ricky pun juga beralibi bahwa belum mengetahui korban tersebut terdaftar sebagai peserta jalan santai.

“Kami tidak tahu persis pastinya, apakah dia mendaftar atau bagaimana? Tapi insiden itu terjadi sudah pada saat peserta lain sudah bergerak dari arah Mangkutana,” ujarnya.

“Besok kami pastikan, sampai sekarang ini kami masih terus kordinasi dengan pihak keluarga korban,” lanjut Ricky ini.

Terpisah pengurus partai PDI-P Luwu Timur, Muhammad Nur, membenarkan adanya insiden kecelakaan pada saat kegiatan jalan santai di PDI-P.

Korban kecelakaan itu, Muhammad Nur mengatakan terjatuh dari mobil pickup yang di tumpanginya.

“Korban sempat-dilarikan ke Puskesmas Tomoni, tapi tidak bisa di tangani hingga di rujuk ke rumah sakit I Lagaligo Wotu,” kata Cicik sapaan akrabnya.

Bahkan, Cicik mengaku, korban yang mengalami kecelakaan sudah-diketahui oleh ketua PDI-P Luwu Timur, Budiman.

“Lebih duluan Bupati (Budiman) tahu, ketimbang kami dari panitia,” katanya. Sekarang ini, korban mengalami kritis dan-dirujuk di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar.

Kegiatan jalan santai PDI-P di padati warga dan aparatur sipil negara (ASN) Luwu Timur.

Korban yang terjatuh dari mobil pickup pada saat menuju lokasi star. Dengan rute star di lapangan Wonorejo Mangkutana dan finish di lapangan Tomoni. Sebelumnya, korban sempat memparkir kendaraan motornya di lokasi finish di Tomoni dan menaiki mobil pickup menuju di lokasi star. (*)

Exit mobile version