Kursi Wakil Bupati Luwu Timur Ada di Tangan Budiman ?

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Perebutan kursi Wakil Bupati di Luwu Timur sudah di mulai. Dua pendaftar sudah-dinyatakan resmi sebagai calon Wakil Bupati pada sidang peripurna di Kantor DPRD Luwu Timur, Selasa 07 Februari 2023. Walaupun rapat tersebut secara tertutup.

Keduanya adalah Akbar Fahri Andi Leluasa dengan nomor urut 01 dan Muh.Taqwa Muller nomor urut 02. Dua calon ini-diketahui masing-masing dari kader Partai Golkar.

Saat ini kedua calon tersebut, sudah gencar melakukan lobi-lobi untuk mengaet para pemilih hak suara di DPRD. Bahkan secara pendekatan lembaga kepartaian pun ditempuh.

Ketua Fraksi Hanura, Rully Heryawan mengaku belum bisa menetukan pilihnya dari kedua calon wakil bupati. Katanya, sebelum menentukan pilihannya terlebih dahulu meminta petunjuk Bupati Budiman.

Baca juga: Perebutan Kursi 02 di Luwu Timur Dimulai, Siapa yang Pantas Dampingi Bupati Budiman

“Hanura belum mempunyai pilihan. Tentu harus rapat internal terlebih dahulu baru memutuskan siapa yang akan dipilih. Sebelum memutuskan pilihan, kami juga akan minta petunjuk ke Bupati Budiman,” tuturnya.

Kenapa Hanura minta petunjuk ke Bupati, Rully menjelaskan karena yang mau di temani wakil adalah Bupati Budiman.

“Makanya sangat perlu kami minta petunjuk beliau (Budiman). Kalau sudah ada petunjuk baru kami rapat internal di DPC. Kemudian hasilnya akan kami teruskan ke DPD Hanura Sulsel,” jelasnya.

Pemilihan Wakil Bupati di Bulan Maret

Setelah melakukan proses rapat penetapan calon Wakil Bupati oleh Panitia Pemilihan (Panlih). Sekarang ini masuk tahapan uji publik.

“Sekarang sudah masuk di masyarakat, mulai tanggal 08 sampai 14 Februari 2023,” kata Sekertaris Panlih, Aswan Azis.

Selanjutnya, pada 20 Februari 2023, masuk tahapan pemaparan dan pemahaman Visi-Misi calon Wakil Bupati dalam RPJM 2021-2026.

“Belum ada diagendakan pemilihan. Rencananya pemilihan setelah pemaparan dan pemahaman Visi-Misi calon Wakil Bupati. Kemungkinan maret, tapi nanti dilihat setelah rapat Panlih, kapan dilakukan,” ujarnya.

Calon Wakil Bupati punya Niat Tersendiri

Akbar Fahri Andi Leluasa sebagai Calon Wakil Bupati Luwu Timur, mengatakan cukup optimisi bisa mendampingi Bupati Budiman sampai di masa periodenya.

“Insya Allah, saya cukup optimis mendampingi Bupati Budiman dan sinegritas dengan visi-misi untuk daerah,” ujarnya, di konfirmasi, Rabu 08 Februari 2023.

Untuk masalah komunikasi para pemilih hak suara, kata Akbar, sudah melakukan secara pendekatan personal dan lembaga kepartaian.

“Hampir semua Anggota DPRD yang punya hak suara sudah dikomunikasikan. Apa saya lakukan begitupun dilakukan oleh Taqwa (rivalnya),” katanya.

Akbar putra dari politisi senior partai Golkar, almarhum Fachri Andi Laluasa ini, berkeyakinan akan menumbangkan rivalnya untuk menduduki kursi wakil bupati. Namun, sampai ini belum menggungkapkan berapa hak suara sudah dia kantongi.

“Saya cuman butuh 50 persen plus satu suara, bisa menang. Untuk masalah beberapa suara bisa di kantongi belum bisa saya katakan,” ucapnya.

Baca juga: Golkar Belum Keluarkan Rekomendasi Calon Wakil Bupati Lutim, Bentuk Skenario Budiman Solo Karier?

Majunya sebagai calon Wakil Bupati Luwu Timur, lanjutnya, untuk mengabdikan dirinya di tanah leluhurnya.

“Kalau di tanya masalah motovasi. Bukan motivasi ini, lebih seperti keterpanggilan untuk mengabdi di tanah leluhur. Saya sebagai orang Luwu yang alhamdulilah telah di beri beberapa pengalaman dan jaringan di pusat. Tentu tidak sempurna pengabdian saya, jika daerah lain saya bisa melakukan sesuatu. Sedangkan kampung sendiri saya tidak melakukan apa apa,” tutur Akbar ini.

Sementara, nomor urut dua, Muh. Taqwa Muller dirinya juga optimis bisa menduduki kursi kosong dua. Mencalonkan sebagai wakil bupati untuk mendampingi Bupati Budiman dengan niat yang tulus.

“Sudah itu bisa di jalani dengan niat tulus. Sembari saya optimisi bisa mendampingi Budiman, dengan dukungan para pemilih suara di DPRD,” ungkapnya.

Taqwa adalah adik kandung almarhum, Muh. Thoriq Husler ini, mengaku cukup intes melakukan komunikasi secara emisional para pemilih suara dan sering melakukan koordinasi lembaga kepartaian.

“Saya ini membawa nama besar almarhum (Husler). Kalau saya di tanya masalah keseriusan, sudah pasti tidak perlu pertanyakan. Karena saya rela mengundurkan diri jadi Anggota DPRD Provinsi Sulsel, demi melanjutkan perjuangannya beliau (Husler),” tutupnya.

Prediksi Suara Calon Wakil Bupati Luwu Timur

Sebelumnya, ada empat bakal calon wakil bupati di antaranya, Akbar Fahri Andi Leluasa, Muh. Taqwa Muller, Usman Sadik, dan Rully Heryawan. Tetapi dalam voting delapan partai pengusung yakni Partai Golkar, Gerindra, PAN, PDIP, Hanura, PKB, PKS, dan PBB.

Akbar Fahri Andi Leluasa dan Muh. Taqwa Muller lolos tahapan calon wakil bupati masing-masing memilih tiga suara hasil voting dari delapan partai pengusung. Sedangkan Usman Sadik miliki 2 suara. Sementara Rully Heryawan tidak ada alias nol.

Merujuk dari hasil di atas, dapat-diprediksi dari  lembaga partai. Partai PDIP, Hanura, PBB, NasDem dan Gerindra bakal berpihak kepada Muh. Taqwa Muller. Sedangkan partai PAN, PKB, Demokrat, Golkar dan PKS bakal berpihak di Akbar Fahri Andi Leluasa. (*)

Exit mobile version