Sekda Palu Harap Lomba Gempar Memotivasi Pelajar Miliki Jiwa Pemimpin Kuat

PALU, NEWSURBAN.ID – Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Pettalolo berharap gelar lomba palang merah remaja (Gempar) dapat memotivasi pelajar memiliki jiwa pemimpin yang punya kuat. Karakter itu dapat terbentuk dari kegemaran berorganisasi dan berkegiatan sosial

Hal itu dia sampaikan pada saat membuka kegiatan palang merah remaja (PMR) mewakili Wali Kota Palu di MTsN 1 Kota Palu Jalan MH Thamrin, Jumat 10 Maret 2023.

Sebanyak 16 sekolah SMP dan SMA se-kota Palu ambil bagian dalam kegiatan atas inisiasi siswa-siswi dan alumni yang terhimpun dalam PMR MTsN 1 Kota Palu. Kegiatan ini, rencananya akan berlangsung dua hari.

Irmayanti mendorong agar Palang Merah Remaja (PMR) menjadi organisasi kemanusiaan dari salah satu kegiatan ekstrakulikuler di bawah OSIS setiap sekolah.

Baca juga: Sekda Palu Hadiri Peresmian Kantor Bank Ina Perdana Cabang Palu

“Karena itu, saya mengapresiasi MTs. N 1 Kota Palu telah melaksanakan kegiatan,” ujarnya saat membuka lomba Gempar dengan tema “Membentuk Generasi yang Tangguh, Unggul, serta Terampil dalam Bidang Kemanusiaan”.

Menurut Irmayanti kegiatan ini adalah ajang peningkatan minat dan bakat, serta pengetahuan dan keterampilan kepalangmerahan. “Guna mewujudkan siswa-siswi yang terampil, cerdas, dan menguatkan kepekaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Ia berharap agar siswa-siswi yang lain dapat termotivasi untuk turut mengaktifkan diri. Bergabung baik dalam PMR maupun organisasi Ekstrakurikuler lainnya.

“Saya mengharapkan kegiatan ini, mampu menghasilkan generasi-generasi unggulan bangsa. Semakin banyak anak-anak yang termotivasi untuk tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler,” ucapnya.

Baca juga: Sekda Palu Hadiri Pisah Saambut Danlanal Palu

Ia juga menceritakan pengalaman semasa sekolah. “Dulu saya merupakan siswa yang juga tergabung dalam organisasi pramuka dan PMR,” ujarnya.

Karena itu, ia mengharapkan para siswa yang aktif ini kelak dapat menjadi pemimpin. “Saya juga dulu masuk organisasi PMR dan Pramuka, semoga kelak kalian bisa menjadi pemimpin,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Palu Syamsul mengatakan bahwa organisasi Pramuka dan PMR merupakan organisasi yang-dihadirkan sebagai bentuk tameng bela negara untuk mendidik watak dan kepedulian.

Baca juga; Wakil Gubernur Mamun Amir Donorkan Darah di PMI Sulawesi Tengah

“Dua organisasi ini adalah suatu organisasi yang dibentuk sebagai tameng dalam rangka bela negara, pramuka mendidik watak. Sementara PMI mendidik kepedulian terhadap sesama,” ungkapnya.

Ia pun berharap, inisiasi lomba seperti Pramuka dan PMI ataupun eksktrakurikuler lainnya dapat rutin. “Saya berharap kegiatan ini menjadi rutin, dan saya berharap ada lembaga dari Sekolah Negeri juga,” harapnya.

Dalam lomba tersebut peserta akan bersaing pada 9 jenis lomba ketangkasan. Di antaranya pertolongan pertama (medis), pasang bongkar tandu, perawatan keluarga, sosialisasi ayo siaga bencana, rangking satu (7 materi PMR), donor darah siswa, yel-yel, senam sanitasi, dan vocal solo.

Adapun sekolah yang menjadi peserta Gempar, yakni: SMP Negeri 6 Palu, SMP Negeri 7 Palu, SMP Neg. 9 Palu, SMP Negeri Terpadu Madani Palu, MTs. N 1 kota Palu, MTsN 2, MTs. N 3, MTsN 4, MTs Al-Khairaat Pusat Palu, SMA Negeri 1 Palu, SMA Negeri 3 Palu, SMA Al-Azar Mandiri Palu, SMA Labschool Palu, SMKN 2 Palu, MAN 2 Kota Palu, dan MA Al-Khairaat Pusat Palu. (ysf/*)

↑
Exit mobile version