Sambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Makassar Menggelar Festival Banjar

 MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Umat Hindu di Kota Makassar Sulawesi Selatan kembali menggelar Festival Banjar. Kegiatan ini di rangkaikan dengan Simakrama Megibung atau makan bersama menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Megibung berasal dari kata gibung yang di beri awalan me-.Gibung artinya kegiatan yang di lakukan oleh banyak orang. Yakni saling berbagi antara satu orang dengan yang lainnya atau Megibung adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh banyak orang untuk duduk makan bersama dan saling berdiskusi dan berbagi pendapat.

Baca Juga : Transaksi Pakai Kallafriends Dapat Diskon dan Hadiah Spesial di Makassar Culinary Night

Ketua Banjar Hindu Dharma Makassar, Made Semadi mengatakan Festival Banjar ini di laksanakan untuk mempererat tali Simakarama atau silahturahmi Umat Hindu di kota Makassar. Dengan mengangkat tema “Berdiri sama tinggi duduk sama rendah”. Kegiatan ini di laksanakan Gedung Vyata Sathya Karma Pura Giri Natha Makassar (12/3).

“Kami Umat Hindu di kota makassar ini tergabung dalam kelompok yang di namai Banjar Hindu Dharma makassar. Kegiatan ini untuk menyambut perayaaan Nyepi kali ini kami membuat acara megibung atau makan bersama. Festival banjar ini di laksanakan sudah 2 kali sebelumnya di tahun 2020” Ungkapnya.

Baca Juga : Jenazah Korban Penembakan KKB Papua Tiba di Toraja Utara: Keluarga Korban pada Histeris

Lebih Lanjut, Made Semadi menjelaskan selain kegiatan megibung ini Banjar Hindu Kota Makassar sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dalam menyambut Perayaan Nyepi antara lain Donor Darah, Jalan santai dan Senam Bersama.

“Kegiatan Festival Banjar ini juga kami memberikan Tali ksih untuk para sesepuh umat hindu. Yang telah berjasa di dalam membina, mengayomi, merintis berdirinya organisasi kehinduan di Kota Makassar. Harapannya mereka semua di berikan kesehatan dan kebahagian serta kedamaian di dalam mengahadapi masa tua” Tutur Made.

Exit mobile version